Tolak Teken Berkas, Sutan Bhatoegana Dipindah Paksa

Sutan Bhatoegana
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Tak Terima Dibui 10 Tahun, Sutan Bhatoegana Banding
- Penolakan tersangka korupsi Sutan Bhatoegana untuk menandatangani berkas perkara yang sudah siap dilimpahkan ke tahap penuntutan, membuat Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penjemputan paksa.

Dihukum 10 Tahun Penjara, Sutan Bhatoegana: Kami Lawan

Penjemputan dilakukan oleh penyidik KPK. Sehingga, Sutan yang sebelumnya ditahan di Rutan Salemba Jakarta, kini ditahan di Rutan KPK.

Mantan Ketua Komisi VII DPR ini, tiba di gedung KPK sekitar pukul 19.22 WIB. Dikawal oleh petugas, Sutan memilih bungkam ketika ditanya oleh wartawan. Dia tampak ditemani oleh kuasa hukumnya.

Sutan sejatinya diperiksa pada Jumat 20 Maret 2015 ini. Namun, pendiri Partai Demokrat ini menolak hadir.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, mengatakan, Sutan kini ditahan di Rutan KPK. Karena, adanya pemanjangan masa tahanan.

"Per hari ini dengan kewenangan JPU memperpanjang penahanan yang bersangkutan untuk 20 hari ke depan mulai 20 Maret sampai 8 April 2015," kata Priharsa, di gedung KPK, Jakarta, Jumat 20 Maret 2015.

KPK menetapkan Sutan Bhatoegana menjadi tersangka, Rabu, 14 Mei 2014. Sutan ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan korupsi terkait dengan pembahasan anggaran APBN-P tahun 2013 di Kementerian ESDM. Kasus ini merupakan pengembangan dari kasus SKK Migas yang prosesnya sudah selesai di persidangan.

Sutan diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 KUHP. Pasal ini mengatur soal penyelenggara negara yang menerima gratifikasi.

Sutan Bhatoegana telah resmi ditahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah diperiksa hampirĀ  sembilan jam, 2 Februari 2015. Namun, merasa tidak terima dengan penetapan tersangka yang dilakukan KPK, kini Sutan telah mengajukan permohonan praperadilan. (one)

![vivamore="
Sutan Divonis 10 Tahun Bui, Istri dan Anak Menangis
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya