Tutup Saat Nyepi, Tol Bali Mandara Merugi Rp300 Juta

Gerbang Tol Ngurah Rai Bali
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Tol Bali Mandara akan ditutup sepanjang perayaan Nyepi pada Sabtu, 21 Maret 2015. Direktur Utama Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, menegaskan, penutupan tol mengacu kepada surat edaran Gubernur Bali Nomor 003.1/5390/BKD, tanggal 16 Oktober 2014 dan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor UM.01.11-Mn/255 tanggal 17 Maret 2015.

"Tol akan ditutup total. Lampu kita matikan sendiri, kita ada panelnya. Penutupan mulai pukul 00.00 WITA 21 Maret 2015 dan dibuka pada Minggu 22 Maret 2015 pukul 07.00 WITA," kata Tito di Denpasar, Kamis 19 Maret 2015.

Dengan begitu, Tol Bali Mandara akan ditutup selama 31 jam. "Potensi lost-nya sekitar Rp300 juta lebih, traffic sekitar 540 ribu kendaraan, baik roda dua maupun roda empat," jelasnya.

Kendati begitu, ia tak mempersoalkan kehilangan pendapatan tersebut. Tito menegaskan, hal ini merupakan kebudayaan Bali yang harus dihormati. Kendati ditutup total, namun standar pelayanan tetap disiagakan petugas di lokasi.

Perayaan 'Nyepi' di Belanda Usung Semangat Kebhinnekaan

"Pengamanan kita lakukan. Tapi, petugas di pintu tol memang diliburkan. Petugas kita tetap standby di sana," papar dia.

Untuk pengamanan aset, selain berkoordinasi dengan aparat keamanan, Tito juga mengaku telah berkoordinasi dengan pecalang (petugas keamanan desa adat) setempat. "Kita sudah berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengamankan aset, petugas keamanan termasuk pecalang," ulasnya.

Selain petugas keamanan yang bersiaga, Tito mengaku telah menyiagakan mobil ambulans jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Ambulans siaga, keamanan juga siaga. Dengan perayaan Nyepi, kita menghemat sekitar Rp15 juta," imbuh dia.

Tito melanjutkan, Tol Bali Mandara memberikan kontribusi berarti khususnya dalam mengurai kepadatan lalu lintas di jalan utama di wilayah Bali Selatan. "Distribusi barang dan jasa sekarang lebih lancar dan memberikan dampak positif terhadap perumbuhan ekonomi," ujarnya.

"Kami ucapkan selamat menjalankan hari raya tapa brata Nyepi bagi saudara-saudara kita yang menjalankannya," ucap Tito. (one)

Nyepi Usai, Bali Kembali Normal
![vivamore=" Baca Juga
Bandara Ngurah Rai Tak Beroperasi Saat Nyepi
:"]

TV Kabel Saat Hari Raya Nyepi Wajib Tidak Siaran

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya