Pengamat: Kesejahteraan Jadi Alasan WNI Gabung ISIS

Militan ISIS asal Indonesia.
Sumber :
VIVA.co.id -
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
Pengamat Terorisme dari Universitas Indonesia, Nasir Abbas, mengatakan kelompok ISIS menggunakan pendekatan ekonomi dan kesejahteraan dalam merekrut warga Indonesia.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Hal ini dikatakan Nasir dalam sebuah diskusi yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 19 Maret 2015. Kata Nasir, kelompok ISIS terus menunjukkan ke warga Indonesia kalau Suriah masih lebih bagus kesejahteraannya daripada di Indonesia.
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai


"Kelompok awal yang bergabung dengan ISIS semuanya laki-laki. Namun, setelah mendapat jaminan tempat tinggal, jaminan finansial, dan jaminan kesejahteraan dari ISIS, mereka berani mengajak keluarganya bergabung dengan ISIS," ujar Nasir.


Menurut Nasir, hal inilah akan memotivasi orang-orang Indonesia dan negara-negara miskin berangkat ke Suriah dan bergabung dengan ISIS.


"Ini akan mempengaruhi orang-orang yang masih ragu menjadi yakin. Mereka akan berangkat ke Suriah bergabung dengan ISIS untuk mendapatkan kesejahteraan," kata Nasir.


Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno, mengungkap motif WNI yang memilih bergabung ke ISIS. Menurutnya, setidaknya ada dua motif.


"Motifnya ada dua, soal keyakinan dan ada yang ekonomi," kata Tedjo di Istana Negara, Jakarta, Kamis 18 Maret 2015.


Meski begitu, kelompok ISIS telah menunjukkan kemampuan dalam merekrut warga Indonesia.  Kasus terakhir adalah menghilangnya 16 WNI dalam rombongan wisata ke Turki, disusul ditemukannya 16 orang WNI lain dari kelompok berbeda di perbatasan Turki dan Suriah. (one)


Bayu Januar/Jakarta


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya