Ratusan Warga Mesuji Peserta Umrah Gratis Ditemukan

Ilustrasi jemaah haji.
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum
VIVA.co.id
Bidik ISIS, Jet Tempur AS Lancarkan Serangan di Libya
- Ratusan warga Mesuji Provinsi Lampung yang menjadi peserta umrah gratis akhirnya ditemukan di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terungkap jika mereka hampir selama tiga bulan ini bertahan di sejumlah hotel di Malang untuk menunggu giliran diberangkatkan umrah ke Tanah Suci.

Kisah Pahit TKW yang Bekerja di 'Ibukota' ISIS

"Warga Lampung ini tinggal di Malang sejak Desember 2014. Awalnya mereka tinggal di beberapa hotel di Kota Malang, seperti di Hotel Serayu, Hotel Palem, dan beberapa hotel lain di wilayah Kota Malang,” kata Kapolsek Singosari Kompol Decky Hermansyah, Selasa 17 Maret 2015.
Pentagon Bohong soal Jumlah Pasukan AS di Irak


Rombongan yang berjumlah 257 orang ini, kini telah dipulangkan secara bertahap sejak Senin 16 Maret 2015. Menurut Hermansyah, pemulangan ini hasil koordinasi dengan Polres Mesuji Lampung. Mengingat banyak kerabat mereka di Lampung yang mulai mengkhawatirkan mereka.


“Mereka khawatir saudaranya itu akan direkrut masuk ISIS ke Suriah. Pemulangan sudah dilakukan bertahap menggunakan bis sejak Senin petang (16/3) kemarin. Mereka sepakat menunggu giliran umrah di Lampung, kalau memang umrahnya benar-benar jadi,” katanya.


Sejauh ini, kepolisian setempat masih terus mendalami latar belakang para perekrut jemaah umrah gratis tersebut. Hingga kini, telah terdapat dua nama yang diketahui menjadi inisiator umrah gratis yakni Agus Santoso asal Yosowilangun Lumajang dan Ningsih asal Kremil Surabaya Jawa Timur.



Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya