Nelayan Batam Mengaku Diteror Nelayan Asing

Kapal Asing ditangkap TNI
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id - Sejumlah nelayan di perairan Natuna, mengaku mendapatkan sejumlah teror dan ancaman dari para nelayan asing. Diduga kuat, ini sebagai buntut atas penangkapan dan penenggelaman kapal asing ilegal di perairan Indonesia.

Dari pengakuan nelayan yang disampaikan oleh Kepala Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam, Akhamadon, beberapa waktu ini sejumlah nelayan setempat kerap menerima ancaman berupa penabrakan kapal hingga perusakan jaring yang diduga dilakukan oleh nelayan asing.

"Ketika nelayan lokal mendapati kapal asing, yang ada justru kapal Thailand menabrak kapal lokal," ujar Akhmadon, Selasa 17 Maret 2015.

Penangkapan ini menambah daftar 18 kapal yang sebelumnya telah ditangkap di perairan laut sekitar Batam. Mayoritas kapal ini diawaki oleh nelayan asing asal Thailand dan Vietnam.

Sebelum Ditenggelamkan, Tiga Kapal Malaysia 'Dicincang'

Baca juga:



Lokasi Penenggelaman Kapal Bakal Jadi Wisata Bawah Laut
[/vivamore]
Masalah-masalah kemaritiman sudah menjadi sorotan publik, di antaranya kasus peledakan dan penenggelaman kapal asing pencuri ikan, perbudakan dalam industri perikanan milik Thailand di Benjina, hingga penculikan anak buah kapal Indonesia di Filipina.

Kapal Ikan Asing Pencuri Ikan Tak Jera Masuk Laut Indonesia

Sebanyak 25 kapal asing ditangkap sepanjang Januari-April.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016