Banjir Indramayu Mulai Surut, Warga Masih di Pengungsian

Banjir di Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
VIVA.co.id
4.282 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Kabupaten Bandung
- Jebolnya tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang dan Desa Tulungagung Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Senin kemarin, 16 Maret 2015, sekitar pukul 03.00 WIB, menyebabkan banjir meluas di tujuh kecamatan di Indramayu.

Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Terisolir Banjir

Empat kecamatan diantaranya terdampak langsung banjir, yaitu di Kecamatan Jatibarang, Kertasemaya, Lohbener, dan Pasekan. Ketinggian banjir sebelumnya mencapai 50-300 sentimeter dan saat ini mulai surut di ketinggian 30-150 cm.
Wilayah Depok Ini Banjir Hingga Lutut Orang Dewasa


"Diperkirakan, sekitar 15.000 jiwa warga terdampak langsung di empat kecamatan tersebut," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa 17 Maret 2015.


Berdasarkan data BNPB, para pengungsi tersebar di beberapa lokasi, di antaranya di Kecamatan Jatibarang berada di UPTD PU Kecamatan sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) dan SMPN 1 Jatibarang sebanyak 100 KK. Sedangkan di Kecamatan Kertasmaya, ada dua titik pengungsian di Pesantren Sirojuttulodin, dan rumah warga dengan pengungsi 250 KK.


Kemudian, di Desa Kertasmaya ada tiga titik pengungsian di Balai Desa, Blok Rengas dan Blok Mesjid sekitar 187 KK. Untuk Kecamatan Loh Bener, ada tiga titik pengungsian di masjid, sekolah TK, tempat bendungan, jumlahnya sekitar 300 KK.


BPBD Indramayu telah berkoordinasi dengan TNI, Polri, BPBD Provinsi Jabar, BPBD Kuningan, Satuan Kerja Perangkat Desa terkait dan relawan dalam penanganan darurat banjir. Bupati Indramayu telah membuat surat permohonan bantuan kepada BNPB, dan Tim Reaksi Cepat BNPB terus mendampingi BPBD dalam penanganan darurat.


"Kebutuhan mendesak adalah logistik berupa lauk pauk, mie instan, beras, sarden, air mineral, makanan siap saji, selimut, perahu karet, pakaian anak, susu dan kebutuhan dasar lainnya," paparnya. (asp)![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya