Soal Pelecehan Anak, Sulawesi Utara Nomor 1 di Indonesia

Ilustrasi pelecehan seksual.
Sumber :
  • ANTARA Foto

VIVA.co.id - Komisi Nasional  Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan Provinsi Sulawesi Utara dinyatakan dalam kondisi darurat kasus pelecehan seksual. Daerah ini pun menempati posisi sembilan dari 34 provinsi di Indonesia.

Berkas Lengkap, Saipul Jamil Dibawa ke Kejaksaan

Dan lebih miris lagi, dari banyak kasus pelecehan seksual itu, untuk pelecehan seksual anak, Sulawesi Utara nomor satu. Tercatat daerah ini menempati porsi hingga 52 persen atas dua ribu kasus pelecehan terhadap anak yang terjadi di Indonesia.

"Sangat luar biasa dan ini harus jadi perhatian semua pihak. Saya sudah mengingatkan sejak tahun lalu. Penyebaran kasus tak hanya di kota seperti Manado namun sampai di desa-desa," ujar Ketua KPAI Arist Merdeka Sirait baru-baru ini di Sulut.

Ironisnya lagi mayoritas pelaku adalah orang dekat, seperti orang tua kandung, orang tua tiri, guru, atau saudara korban. "Kemudian penegakan hukum sangat rendah. Banyak pelaku dihukum ringan. Bahkan malah ada yang bebas. Sehingga kasus pelecehan seksual anak terus bermunculan di daerah ini. Kami minta kepolisian, kejaksaan dan hakim bertindak tegas, jangan coba-coba main mata," ungkapnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sulut, Ajun Komisaris Besar Wilson Damanik menilai pernyataan KPAI yang menuding polisi tidak maksimal menangani kasus pelecehan seksual anak sangat keliru. "Kami sudah bekerja sesuai prosedur hukum yang berlaku. Penyidik bekerja cukup baik selama ini," ujarnya.

Mungkin lanjutnya, pada tingkatan penuntutan dan putusan yang perlu juga dikawal. "Polisi sudah bertugas maksimal, tapi kalau putusan pengadilan tidak sesuai harapan, jangan salahkan kami dong. Mari lihat secara proporsional," katanya.

Baca juga:





Saipul Jamil siap hadapi sidang perdana

Saipul Jamil Siap Dipindahkan ke LP Cipinang

Saipul Jamil tersandung kasus pelecehan seksual.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016