Wakil Bupati Situbondo Jamin Nenek Pencuri Kayu

nenek curi kayu jati situbondo
Sumber :
  • tvOne
VIVA.co.id
Bayi di Rak Sepatu Masjid Gegerkan Warga Makassar
- Proses hukum yang menjerat Nenek Asiani, warga Dusun Secangan Desa Jati Banteng Kecamatan Jati Banteng Kabupaten Sitobondo mendapat banyak simpati berbagai kalangan masyarakat, termasuk para pejabat setempat.

Pria Diduga Polisi Tewas Dikeroyok Orang Berbadan Tegap

Mereka bersedia menjadi penjamin bagi Nenek 70 tahun itu, agar tidak lagi mendekam di tahanan. Sebagaimana diketahui, penyidik Polsek Jati Banteng, Situbondo menahan Asiani sejak Desember 2014 lalu karena dituduh mencuri kayu jati milik Perhutani setempat.
Pria Ini Tewas Tersambar Kereta


Wakil Bupati Situbondo M Rachmad mengaku bersedia mengajukan penangguhan tahanan bagi nenek Asiani. Politisi asal Partai Golkar itu berencana mendaftarkan pengajuan penagguhan tahanan pada Senin, 16 Maret 2015 mendatang.


Rencananya, dia bersama dua Kepala Desa, yaitu Kepala Desa Jati Banteng dan Kepala Desa Wringin Anom akan menjamin proses penangguhan penahanan Asiani. "
Insya Allah
, Senin besok saya ajukan suratnya," kata Rachmad ketika dihubungi lewat telepon selulernya, Jumat 13 Maret 2015.


Menurut Rachmad, keputusan yang dia ambil ini murni karena kemanusiaan dan tak ada hubungannya dengan unsur politis. Sejak nenek Asiani menjadi tahanan Polsek Situbondo, Rachmad mengaku telah mengulurkan bantuan dengan menyediakan kuasa hukum untuk Nenek Asiani, meskipun bantuan itu tidak digunakan oleh terdakwa.


"Sekitar empat hari setelah nenek Asiani ditahan, Kepala Desa Jati Banteng itu ke rumah dinas saya dan menuturkan kejadian itu. Saat itu, saya menyediakan kuasa hukum untuk nenek, meskipun keluarga nenek kemudian memilih kuasa hukum yang berbeda," terang Rachmad.


Kini, sejumlah politisi lain yang berempati terhadap kejadian yang menimpa nenek Asiani juga berniat menjadi penjamin Asiani. Rachmad menuturkan ada anggota DPRD Jawa Timur dari Dapil III wilayah Situbondo yang ingin menjadi penjamin nenek Asiani.


"Ada anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang menyatakan ingin gabung di surat ini. Rencananya hari ini kami bertemu," ucapnya


Rachmad menampik tuduhan unsur politis dalam bantuan yang dia berikan kepada Asiani. Apalagi dikaitkan dengan Pilkada Kabupaten Situbondo yang akan digelar Desember 2015 mendatang. "Saya pernah tinggal di Jati Banteng, dan saya yakin dan tahu warga Jati Banteng tidak akan pernah mencuri kayu. Meskipun kita hormati proses persidangan yang berjalan," lanjutnya.




![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya