Tim Aerobatik TNI AU Akan Beraksi di Malaysia

Tim aerobatik AU Indonesia, Jupiter, pada Singapore Airshow
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su
VIVA.co.id
Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman
- Tim Jupiter Aerobatik TNI Angkatan Udara berangkat menuju Malaysia untuk mengikuti acara
Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exibition 2015
Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika
, yang akan diselenggarakan 17 hingga 21 Maret 2015 mendatang.
Latihan TNI di Tarakan untuk Amankan Kilang Minyak

Keberangkatan anggota yang merupakan para instruktur di sekolah penerbangan Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta tersebut dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna, Rabu, 11 Maret 2015.

"Harumkan nama bangsa Indonesia dengan gerakan akrobatik yang kalian tampilkan di dunia internasional," kata Marsekal TNI Agus Supriatna di
shelter
KT-1B Woong Bee, kompleks Lanud Adisutjipto.


Menurut jenderal bintang empat tersebut, kehadiran Tim Jupiter ke Langkawi merupakan permintaan langsung dari Malaysia, setelah sebelumnya pernah tampil di kegiatan serupa medio 2013 silam.


Terlebih lagi, para penerbang TNI AU juga pernah tampil menghiasi angkasa sejumlah negara di Kawasan Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam. Mereka tampil dalam acara pameran kedirgantaraan di negara-negara tersebut.


Agus mewacanakan untuk menambah jumlah pesawat yang akan dijadikan tim aerobatik ini. Selama ini, Tim Jupiter menggunakan delapan pesawat jenis KT-1B Woong Bee buatan Korean Aerospace Industries (KAI),  di mana hanya enam yang digunakan untuk bermanuver di udara. Sementara dua lainnya digunakan sebagai cadangan.


"Kami sudah membeli pesawat T-50 Golden Eagle, dari 16 pesawat, delapan di antaranya warnanya sudah serupa semua dan cocok untuk aerobatik tim," ujarnya.


Tim Jupiter ini dipimpin Letkol Pnb Ferri Yunaldi, dan membawa lima penerbang lainnya, yakni Kapten Pnb Idam Satria Utomo sebagai right wing di Jupiter 2, Kapten Pnb Made Yogi Indra sebagai
left wing
di Jupiter 3.


Kemudian Mayor Pnb Putu Sucahyadi sebagai
slot
di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai
lead synchro
di Jupiter 5 dan Mayor Pnb Humaidi Syarief Romas di Jupiter 6.


Para penerbang TNI AU ini secara beriringan terbang menuju Langkawi, Malaysia dengan menggunakan pesawat masing-masing. Setelah take off dari Lanud Adisutjipto, Tim Jupiter akan singgah dan menginap di Palembang. Kemudian, besok akan kembali terbang ke Pekanbaru dan Medan.


"Setelah menginap semalam di Medan langsung terbang ke Langkawi. Rencana pada 26 Maret sudah tiba lagi di Lanud," ujar Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong Allo.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya