Railbus Solo-Wonogiri Kembali Beroperasi

Railbus Solo-Wonogiri Kembali Beroperasi
Sumber :
  • Fajar Sodiq/Solo
VIVA.co.id
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
- Railbus Batara Kresna jurusan Solo-Wonogiri yang sempat terhenti tiga tahun lalu, kini kembali dioperasikan. Tiket railbus yang akan menyusuri jalanan tengah Kota Solo itu dibanderol Rp4.000 per orang.

Jelang Libur Panjang, Tiket Kereta Sisa 30 Persen

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengatakan railbus ini sejatinya sudah diluncurkan saat zaman Wali Kota Joko Widodo. "Kemarin kita sudah izin Pak Presiden untuk menghidupkan kembali railbus," katanya saat peluncuran kembali railbus di Stasiun Purwosari, Solo, Rabu, 11 Maret 2015.
Tarif Delapan Kereta Ekonomi Turun


Menurut Jonan, pengoperasian railbus diharapkan bisa membantu mengurangi arus kepadatan kendaraan di jalan raya. Kereta itu juga menjadi kereta wisata dan dapat membangkitkan wisata Solo dan Wonogiri.


Jarak tempuh kereta itu adalah 30 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 45 menit. Rencananya railbus itu akan melayani dua kali perjalanan pulang-pergi.


"Railbus berangkat dari Stasiun Purwosari pukul 06.00 WIB dan 10.00 WIB. Sedangkan dari Stasiun Kota Wonogiri pukul 08.00 WIB dan 12.00 WIB. Penumpang yang ingin naik kereta ini membeli tiketnya mulai tiga jam keberangkatan," ungkapnya.


Pengoperasion railbus menghabiskan dana Rp9 miliar. "Pemerintah menyediakan PSO (public service obligation atau kewajiban BUMN melayani kebutuhan publik) sekitar Rp9 miliar. PSO itu hingga Desember 2015. Nanti 2016 kita anggarkan lagi," kata Menteri.



Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya