5 Fakta di Balik Hilangnya 16 WNI di Turki

Aksi Tolak ISIS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Sebanyak 16 Warga Negara Indonesia dilaporkan menghilang di Turki pada awal Maret 2015. Mereka diketahui memisahkan diri dari 25 orang rombongan wisata yang berangkat dengan penyedia jasa Smailing Tour asal Jakarta.

Sejumlah spekulasi pun menyeruak di balik hilangnya warga yang membawa serta bayi dan anak-anaka tersebut. Salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah mereka dicurigai ikut bergabung dengan kelompok Islam radikal, Negara Islam Suriah atau ISIS.

Berikut lima fakta yang layak diketahui dari kasus hilangnya belasan WNI ini:

1. Mendadak Memisahkan Diri

Bidik ISIS, Jet Tempur AS Lancarkan Serangan di Libya

16 WNI yang diketahui terdiri dari enam orang asal Surakarta dan 10 warga Surabaya, disinyalir memang sengaja memisahkan diri.

Sebab, setibanya rombongan wisata ini di Turki pada 24 Februari di Bandara Internasional Ataturk Turki, 16 dari 25 orang yang ikut, mendadak ingin berpisah dengan rombongan. Mereka berdalih ingin menemui keluarga dan berjanji akan berkumpul lagi pada 4 Maret di Bandara pemberangkatan.

2. Pesan Janggal "We Are Fine"

Tepat pada Rabu 4 Maret 2015, ketua rombongan wisata mencoba berkomunikasi dengan 16 peserta yang telah memisahkan diri. Nyaris seluruh ponsel dan alat komunikasi yang dimiliki oleh rombongan yang memisahkan diri tak bisa dihubungi.

Diketahui, salah seorang yang memisahkan diri cuma menulis pesan singkat yang cukup janggal dan aneh, "Kalau teman-teman bisa pulang dengan lancar pada 4 (Maret), we are fine," tulis pesan singkat yang masuk ke ketua rombongan wisata.

Pesan ini menyirat makna yang cukup aneh. Tak ada kekhawatiran dari mereka ketika hendak ditinggalkan oleh rombongan yang hendak menuju ke Indonesia.

3. Semua Bernama Mirip Arab

Kisah Pahit TKW yang Bekerja di 'Ibukota' ISIS

Diketahui dari 16 orang yang dilaporkan sengaja menghilang tersebut. Entah ada kaitannya atau tidak, namun nama-nama mereka cukup unik. Diketahui seluruh nama yang hilang, nama-nama mereka memiliki kemiripan dengan nama-nama arab.

Berikut daftar nama mereka:
1. Utsman Mustofa Mahdamy asal Surakarta
2. Sakinah Syawie M. Tafsir asal Surakarta
3. Hafid Umar Babher asal Surakarta
4. Fauzi Umar Salim asal Surakarta
5. Atikah Hafid asal Surakarta

6. Utsman Hafid asal Surakarta
7. Salim Muhamad Attamimi asal Surabaya
8. Tsabitah Utsman Mahdamy asal Surabaya
9. Soraiyah Cholid asal Surabaya
10. Hamzah Hafid asal Surabaya

Pentagon Bohong soal Jumlah Pasukan AS di Irak

11. Jusman Ary asal Surabaya
12. Ulin Isnuri asal Surabaya
13. Humaira Hafshah asal Surabaya
14. Urayna Afra asal Surabaya
15. Aura Kordova asal Surabaya
16. Dayyan Akhtar asal Surabaya

4. Berhubungan Darah

Dari total warga yang hilang. Diketahui juga, terdapat tiga keluarga yang memiliki pertalian darah. Hanya ada dua orang saja yang tak memiliki pertalian darah. Sebab itu, wajar adanya dari nama-nama yang hilang terdapat anak-anak dan bayi yang dibawa serta.

5. Tak Ada Laporan Kehilangan Keluarga

Pasca munculnya kehebohan tentang WNI hilang di Turki, anehnya tak ada satu pun laporan kehilangan dari pihak keluarga di Indonesia.

Sebab itu, pemerintah Indonesia pun menetapkan kasus ini bukan kasus orang hilang. "Kalau ini kasus orang hilang, pastinya ada keluarga yang melapor, lah ini sampai berapa hari tidak ada," ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Muhammad Iqbal, Senin 9 Maret 2015.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya