Aktivitas Gunung Kerinci Meningkat

Jalur Pendakian Ditutup Warga Diminta Waspada

VIVAnews - Aktivitas Gunung Kerinci menunjukkan peningkatan. Awan putih kehitam-hitaman muncul dari kawah aktif gunung tertinggi di Sumatera ini sejak tiga hari kemarin.

"Terakhir awan putih yang muncul dari kaldera Kerinci mencapai ketinggian 500 meter," ujar Hery Prasetyo, kepala pos pemantau Gunung Kerinci saat dihubungi VIVAnews, Jumat (22 Mei 2009). Peningkatan aktivitas gunung tertinggi di Sumatera ini telah terjadi sejak April lalu.

Gemuruh aktivitas gunung yang berketinggian 3805 meter di atas permukaan laut itu mengakibatkan sejumlah jalur pendakian ditutup. "Biasanya asap putih yang muncul dari kaldera bersamaan dengan sinar api. Dalam tiga hari ini sinar apinya tidak terlihat," ujar Hery. Penutupan Gunung Kerinci bagi para wisatawan dilakukan sejak 19 April lalu.

Hingga saat ini, aktivitas warga di sekitar Taman Nasional Kerinci Seblat masih berjalan normal. Pihak terkait belum melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang mendiami kawasan taman nasional, lokasi Gunung Kerinci. Hingga saat ini, status gunung yang berada sekitar 130 Km arah selatan Kota Padang ini masih waspada.

"Kita telah meminta masyarakat yang berdiam Kecamatan Kayu Aro, di kaki gunung untuk waspada," ujarnya. Gemuruh aktivitas Gunung Kerinci menimbulkan gempa termor berkekuatan 10 mmi. Aktivitas gunung tersebut terdengar bagi masyarakat yang mendiami kawasan kaki gunung. Bunyi gemuruh yang ditimbulkan cukup besar sehingga membuat cemas warga setempat.

Letusan-letusan kecil yang terjadi sejak April lalu mengakibatkan hujan abu radius 7 km. Terakhir kali, letusan hebat Gunung Kerinci terjadi pada tahun 1970.


Laporan: Eri Naldi | Padang

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City
Emil Audero Mulyadi rayakan Scudetto Inter Milan

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

 Inter Milan sukses memastikan diri merebut Scudetto Serie A yang ke-20. Ternyata, ada 'orang Indonesia' yang ikut membantu La Beneamata merebut bintang kedua.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024