Keluarga Bantah WNI Hilang di Turki Gabung ISIS

Keluarga WNI yang hilang di Turki
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq
VIVA.co.id
Terlibat ISIS, Turki Deportasi Tiga WNI ke Indonesia
- Keluarga dari Fauzi Umar dan Hafid Umar Babher yang hilang di Turki menolak kerabatnya itu disebut ikut bergabung dengan ISIS. Keluarga menegaskan bahwa mereka ke Turki dalam rangka wisata dan urusan bisnis.

Kemlu Bantah Penangkapan WNI di Turki

Perwakilan keluarga, Muhammad Arif mengatakan bahwa Fauzi Umar mengajak istri dan tiga anaknya. Sedangkan Hafid ikut dalam rombongan wisata tanpa mengajak istri dan anaknya.
Lima Tersangka ISIS Berangkatkan 37 WNI ke Suriah


"Mereka berangkat tanggal 23 Februari dan rencananya pulang awal Maret ini. Tetapi sampai sekarang tidak ada kabarnya," kata Muhammad Arif yang merupakan kakak dari Fauzi Umar dan Hafid Umar.


Dia menjelaskan, kedua adiknya ke Timur Tengah, termasuk ke Turki dengan tujuan wisata sekaligus urusan bisnis. Arif menyebut adiknya, Hafid Umar tengah menggeluti bisnis
gordyn
dan obat-obatan herbal dari Timur Tengah.


Sementara Fauzi Umar dalam satu tahun belakangan berbisnis batu akik. "Adik saya itu sedang mendapat order
gordyn
," ucapnya.


Pihak keluarga menyayangkan sikap dari biro perjalanan wisata yang sama sekali tidak memberitahukan kabar dari Fauzi Umar dan Hafid Umar Babher di Turki. Keluarga menuding, pihak biro perjalanan wisata tidak bertanggung jawab.


"Mereka itu seperi cuci tangan," ujarnya.


Keluarga juga menolak kedua kerabatnya disebut tengah bergabung dengan militan ISIS, seperti dugaan otoritas Indonesia. Arif menyayangkan pernyataan sikap otoritas Indonesia yang menyebut 16 WNI, termasuk adiknya diduga bergabung dengan ISIS.


"Adik saya itu sama sekali tidak pernah ikut kegiatan seperti itu karena mereka berdua itu fokus dalam usaha dagang," tegasnya.


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya