Balita Tanpa Anus Batal Operasi meski Terdaftar di BPJS

Balita Tanpa Anus Batal Dioperasi meski Terdaftar BPJS
Sumber :
  • Tofik Koban/Sikka

VIVA.co.id - Seorang bocah berusia satu tahun di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, terlahir tanpa lubang anus. Dia telah dioperasi untuk membuat lubang anus buatan di perut sebelah kiri. Namun, belakangan muncul anus alami.

28 Orang Pegang Kartu BPJS Palsu di Koja

Bocah itu bernama Febriantigisela Putri, anak dari pasangan Andreas Arya Yoga dan Agustina Veronika, warga Kelurahan Waioti, Kabupaten Sikka. Andreas dan Agustina kembali cemas dengan kondisi buah hatinya tersebut.

Mereka berencana melakukan operasi lagi terhadap Febriantigisela untuk menutup lubang anus buatan. Tetapi tim dokter di rumah sakit umum daerah belum bersedia melakukan operasi. Mereka beralasan, tak ada infus makanan bagi pasien selama menjalani perawatan dan obat bius untuk prosedur pembedahan.

Bayi Usus Terburai Ini Butuh Ditangani di NICU

Pihak rumah sakit menyarankan Andreas dan Agustina membeli sendiri infus dan obat bius itu. Tetapi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan infus dan obat bius itu adalah Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, Bali. Lagi pula, pasangan suami dan istri itu tak punya cukup uang untuk membeli.

Menurut Agustina, putrinya telah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dia berniat memanfaatkan jaminan itu tetapi rumah sakit menolak. Dia telah pula menghubungi pihak BPJS Kesehatan tapi hingga kini belum ada jawaban.

Tersangka Pemalsu Kartu BPJS Bertambah

Agustina sangat berharap dapat memulihkan kondisi fisik putrinya seperti bocah yang memiliki fisik normal pada umumnya. Dia juga memohon bantuan dari berbagai pihak sehingga anaknya bisa menjalani operasi.

Tofik Koban/Sikka


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya