Bayar Rp50 Ribu, Makan Durian Sepuasnya

Lomba makan durian di Semarang.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id - Berkunjung ke Kota Semarang, Jawa Tengah, tak lengkap rasanya jika tak singgah di daerah penghasil durian kota ini. Sebab, setiap tahun, acara Festival Durian dan lomba makan buah super manis berduri ini selalu digelar.

Mencipipi Legitnya Durian Legendaris Khas Banten

Festival Durian 2015 kembali digelar di Lapangan Jatisari, Kecamatan Mijen, Semarang, mulai Sabtu hingga Minggu, 7-8 Maret 2015. Selain lomba makan durian, digelar juga pameran holtikultura yang melibatkan seluruh penghasil durian dan tanaman holtikultura lain di 35 kabupaten kota.

Acara tahunan itu mendapat sambutan yang meriah oleh pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Mereka menyerbu lokasi untuk memeriahkan acara lomba durian ini. Pengunjung bahkan berdesak-desakan saat acara lomba dimulai.

Menikmati Wisata Durian di Desa Suluk, Madiun

Selain lomba durian, pengunjung juga bisa merasakan durian sepuasnya, karena di sepanjang stand yang disediakan, berjubel pedagang buah durian. Untuk lomba makan durian, peserta hanya membayar Rp50 ribu. Pemenang yang menjadi juara adalah mereka yang paling cepat makan durian.

Kegiatan bertema menggalang potensi holtikuluta Kota Semarang ini didukung oleh Dinas Pertanian Kota Semarang dan Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Enam Makanan Aneh yang Disantap Manusia

"Ini sebagai upaya mempromosikan produk lokal ke tempat yang lebih tinggi. Seperti durian, salak, manggis yang diikuti 152 kelompok, " kata WP Rusdiana selaku Ketua Panitia Festival Durian 2015, yang juga Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang.

Menurutnya, acara durian yang digelar ini adalah bentuk tradisi rasa syukur, khususnya bagi Kecamatan Mijen, yang merupakan penghasil durian unggulan terbesar kota Semarang.

"Maka (pada) event ini, kita juga gandeng beberapa kelompok masyarakat untuk ikut berpartisipasi," imbuh Rusdiana.

Asli lokal

Secara khusus, festival ini tidak menerima durian impor wilayah atau negara lain. Peserta yang boleh mengikuti hanya penghasil durian daerah, yang memiliki varitas bagus, di lingkup Jawa Tengah, seperti durian lokal terbaik asal Kabupaten Wonosobo.

Untuk perlombaaan, selain durian, buah dari berbagai wilayah di Jawa Tengah juga diikutsertakan. Hasil karya buah terbaik akan terpilih menjadi juara. Misalnya, hasil buah duku yang diraih Kabupaten Karanganyar, buah manggis Kabupaten Magelang dan buah alpukat yang dimenangkan Kabupaten Cilacap.

"Dalam festival ini, juga ditambah acara lomba buah durian terbesar dan durian terberat, " tambah Rusdiana.

Warga yang berkunjung di festival ini mengaku sangat terhibur dan antusias. Nurdin (24) salah satunya. Warga Ngaliyan, Semarang, itu selalu tak ketinggalan memeriahkan perlombaan makan durian ini. Apalagi kemeriahannya setiap tahun selalu meningkat.

"Acaranya menarik, kita bisa makan sepuasnya dengan membayar Rp50 ribu. Jarang-jarang kan, apalagi buah durian kan mahal di mana-mana, " ujar Nurdin.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya