Pemerintah Isyaratkan Tolak Tawaran Australia Tukar Tahanan

Andrew Chan dan Myuran Sukumaran
Sumber :
  • REUTERS/Murdani Usman
VIVA.co.id
Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar
- Pemerintah Indonesia mengisyaratkan menolak tawaran pemerintah Australia yang ingin bertukar tahanan. Menteri Luar Negeri Australia, Julia Bishop, telah menghubungi Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, untuk menukar duo Bali Nine dengan tiga tahanan narkoba asal Indonesia.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

Menurut Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, pertukaran tahanan itu bisa saja terjadi asal bukan terkait narkoba. "Mungkin ke depan dalam bentuk lain boleh saja dipikirkan," katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2015.
Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar


Namun, kata Yasona, tawaran itu perlu dikaji lebih mendalam. Sebab sampai sekarang belum ada pembahasan mengenai hal itu dengan Presiden Joko Widodo.


“Tidak boleh semudah itu. Apalagi kalau pertukarannya menyangkut pidana mati. Apakah ada yang dipidana mati di Australia? Tapi belum kita kaji," kata dia.


Sebelumnya, Menteri Bishop meminta Retno untuk menukar duo Bali Nine Myuran Sukumaran dan Andrew Chan dengan tiga tahanan asal Indonesia, Kristito Mandagi, Saud Siregar dan Ismunandar.


Sama seperti komplotan Bali Nine, tiga warga negara Indonesia itu adalah penyelundup narkoba yang tertangkap basah ketika sedang mencoba mengimpor heroin. Perbedaannya, Kristito Cs mencoba menyelundupkan heroin dari Indonesia ke Australia. (ren)



Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya