Jelang Eksekusi Mati, Polri Siapkan Regu Tembak

Ilustrasi/Pengamanan di Lapas Nusa Kambangan saat eksekusi mati.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Polri telah menyiapkan regu tembak untuk mengeksekusi 10 terpidana mati kasus narkoba.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti mengatakan, instansinya sudah menyiapkan 130 personel untuk mengeksekusi 10 narapidana. "Sudah siap, sesuai ketentuan kalau regu itu kan satu terpidana 13 orang," kata Badrodin di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 4 Maret 2015.

Regu tembak ini disiapkan dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah. Selain regu tembak, kepolisian juga telah menyiapkan pengamanan. Sehingga, total personel yang disiagakan untuk eksekusi itu sekitar 250 orang.

Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar

Dari 10 narapidana yang akan dieksekusi bersamaan, masih ada beberapa yang belum dipindahkan ke Nusakambangan. Misalnya, ada sejumlah napi yang masih di Madiun dan Yogyakarta. Selain duo Bali Nine yang berasal dari Australia, ada juga warga negara Perancis, Ghana dan Indonesia.

Jaksa Agung, HM Prasetyo enggan menyebutkan, berapa jumlah narapidana yang akan dieksekusi dalam waktu dekat. Ia berdalih, jumlahnya masih terus dievaluasi. "Banyak hal yang harus diperhatikan juga supaya tidak terkesan kita ini semena-mena," ujar mantan politisi Partai NasDem ini.

Baca Juga:

5 Fakta Guillotine, Pisau Raksasa untuk Eksekusi Mati
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016