Risma Dianugerahi Gelar Doktor Pembangunan Kota

Risma Dianugerahi Gelar Doktor Pembangunan Kota
Sumber :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya

VIVA.co.id - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, dianugerahi gelar honoris causa dalam bidang manajemen pembangunan kota pada jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Supuluh Nopember (ITS) Surabaya pada Rabu, 4 Maret 2015.

Risma dinilai berprestasi menata Kota Surabaya menjadi lebih manusiawi dan lebih ekologis. "Selamat untuk Bu Risma. Sudah menjadikan Kota Surabaya sebagai kota hijau dan nyaman untuk bermukim," kata Ketua Senat ITS, Prof Priyo Suprobo.

Suprobo mengatakan, gelar honoris causa itu merupakan penghargaan gelar doktor kehormatan kedua dalam sejarah yang dilakukan ITS. Sebelum Risma, ITS pernah memberikan gelar yang sama kepada Hermawan Kertajaya.

Ketua Komisi Profesor ITS, Prof Ir Joni Hermana, yang membacakan keputusan gelar doktor honoris causa bagi Risma mengatakan kelayakan Risma menerima gelar doktor itu karena kepemimpinan yang kuat dalam membangun Surabaya.

"Atas dasar karya luar biasa bagi ilmu pengetahuan tekonologi dan kebudayaan, Tri Rismaharini berhak menyandang gelar Dr HC dalam sidang terbuka Senat," ujarnya.

Menurut Joni, Risma mampu memprakarsai perencanaan dan pengawasan serta memotivasi masyarakat untuk ikut membangun dan memelihara Kota Surabaya menjadi lebih manusiawi.

"Terbukti membangun kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Taman yang mati suri menjadi hidup. Sungai menjadi bersih karena penanganan sampah yang efektif. Suasana kota yang lebih ekologis. Baik secara spontan maupun terorganisasi," katanya.

Prosesi penganugerahan dihadiri mantan Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, mantan Menteri pendidikan Muhammad Nuh, perwakilan Forpimda, serta Konsulat Jenderal negara sahabat seperti Amerika Serikat dan Jepang.


Baca juga:


Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya


Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Sisanya, akan minta anggaran dari APBN.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016