Detik-Detik Pemindahan Bali Nine

Polisi saat membawa geng Bali Nine dari LP Kerobokan, Rabu (4/3/2015)
Sumber :
VIVA.co.id
Indonesia Jamin Tak Ada Hukuman Mati untuk Jessica
- Dua terpidana mati asal Australia, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, pada Rabu pagi, 4 Maret 2015, resmi dipindahkan dari LP Klas IIA Kerobokan Denpasar untuk dikirimkan ke LP NUsakambangan.

Datang ke San Fransisco, Jokowi Disambut Unjuk Rasa

Kedua sindikat yang populer dengan sebutan Bali Nine ini diangkut dengan kendaraan khusus kepolisian sejak subuh, untuk selanjutnya diterbangkan Cilacap, Jawa Tengah.

Berikut detik-detik pemindahan duo terpidana yang sempat membuat heboh hubungan Australia dan Indonesia ini:

00.42 WITA
Sejumlah warga asal Australia dan sejumlah mantan Napi Lapas Kerobokan Denpasar, menggelar aksi simpatik di depan pintu masuk lapas.

Mereka menyalakan lilin dan terlihat begitu haru. "Ini bentuk kedukaan kami. Kami berharap Presiden Joko Widodo mau bermurah hati membatalkan eksekusi ini," ujar salah seorang mantan napi di Lapas Kerobokan yang juga mengaku sebagai murid dari Myuran.

02.45 WITA
Lima petugas kepolisian datang dan langsung memasang garis polisi untuk membuat lintasan kendaraan pengangkut duo terpidana mati tersebut.

02.58 WITA
Rombongan tim penjemput awal duo terpidana mati Bali Nine, tiba di Lapas Klas IIA Kerobokan. Barikade polisi pun langsung memblokir ruas jalan menuju lapas. Kendaraan rantis kepolisian juga telah disiagakan di Kerobokan.

03.00 WITA
Pasukan Kavaleri dan Raider Kodam IX Udayana dikabarkan tiba di lokasi penjemputan. Kedua tim inilah yang akan menjadi tim penjemput duo BaliĀ  Nine di dalam lapas.

04.05 WITA
Kakak terpidana mati Michael Chan tiba di Lapas Klas II Kerobokan. Mereka bermaksud untuk menjenguk terakhir adiknya Andrew Chan yang akan dieksekusi. Sayang, kehadirannya mendapat penolakan dari dalam lapas, sehingga ia langsung pergi meninggalkan lapas.

04.29 WITA
Satu unit Baracuda milik Brimobda Polda Bali tiba di Lapas Kerobokan Denpasar. Saat kendaraan masuk ke dalam lapas, terdengar suara riuh rendah para napi dari dalam lapas.

Kendaraan ini juga yang akan membawa kedua terpidana mati ke Bandara Ngurah Rai, untuk selanjutnya diterbangkan ke Cilacap.

05.18 WITA
Kendaraan Baracuda dan Rantis polisi keluar dari Lapas Kerobokan. Iring-iringan pengangkut duo Bali Nine ini, dijadwalkan mengambil rute Seminyak, Imam Bonjol, Kuta, lalu Bandara Ngurah Rai.

Pagi ini juga, sekira pukul 07.00 WITA, kabarnya kedua terpidana mati akan diterbangkan langsung ke Cilacap jawa Tengah.

07.30 WIB
Duo Bali Nine, dijadwalkan akan tiba di Cilacap jawa Tengah. Selanjutnya, baru keduanya dipindahkan kembali ke lapas terakhir mereka, yakni Lapas Nusakambangan.

"Pukul 07.30 WIB sampai di sana (Cilacap)," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Bali, Nyoman Putra Surya. (asp)



Baca juga:

Napi Narkoba Bali Nine Dapat Remisi Natal





Warga Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran saat masih berada di Bali.

Ibu Mendiang Bali Nine: Pak Jokowi, Anda Begitu Kejam

Menurutnya, nyawa Myuran Sukumaran diambil secara brutal April 2015.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016