Duo Bali Nine Tak Akan Lama Diisolasi di Nusakambangan

Latihan Pengamanan Bali Nine
Sumber :
  • Antara/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Jaksa Agung HM Prasetyo mengungkapkan persiapan eksekusi mati tahap dua hampir rampung. Pemidahan sejumlah tahanan akan dilakukan pada pekan ini juga.

Pengamanan untuk menjaga pemindahan sejumlah terpidana napi juga sudah dipersiapkan. Khusunya untuk pemindahan duo gembong narkoba Bali Nine, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan.

"Persiapan kira-kira 95 persen ya, sisa 5 persen tinggal tentunya evakuasi dan sebagainya," katanya saat ditemui di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa 3 Maret 2015.

Prasetyo juga menyampaikan, Lapas Nusakambangan mengharapkan setelah para terpidana tiba di Nusakambangan, mereka tidak terlalu lama berada di ruang isolasi. Seluruh proses pemindahan diperkirakan akan diselesaikan pada pekan ini juga.

"Semoga evakuasinya atau pemindahannya selesai minggu ini. Narapidana terpisah, ada di Bali, Madiun dan Jogja. Semua akan kita kumpulkan di Nusakambangan, baru kita tentukan hari H-nya," ujar Prasetyo.

Kejagung belum bisa memastikan narapidana mana yang akan dipindahkan terlebh dahulu. Proses pemindahan itu dia serahkan sepenuhnya kepada petugas di lapagangan.

Pemindahan terpidana mati ini dipastikan menggunakan pesawat atau melalui jalur udara. Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan Denpasar, Sudjonggo, pemindahan duo Bali Nine akan dilakukan antara pukul 10.00 hingga 14.00 WITA.

Katanya, segala kelengkapan administrasi duo gembong 'Bali Nine' itu telah rampung. Pemindahan keduanya tak mungkin dilakukan pada malam hari. Pasalnya, selain keterbatasan transportasi, kendala lain adalah masalah lampu runway di Bandara Ngurah Rai.

"Mereka diangkut pakai pesawat. Kalau dibawa malam hari terkendala dengan lampu runway," kata Sudjonggo. (ren)

Baca juga:

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman




Ferry Simanungkalit/ Jakarta

(ren)

Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016