Presiden Jokowi Ingin Bangun Kota Kreatif

Triawan Munaf
Sumber :
  • Twitter @triawanmunaf
VIVA.co.id
Remaja Indonesia Besatu Hadapi MEA
- Presiden Joko Widodo ingin membangun Kota Kreatif di beberapa daerah. Kota itu akan menjadi pusat ekonomi kreatif.

Menteri Perindustrian Soroti Industri Kreatif Banten

"Pak Jokowi punya visi nanti kita punya
Akibat Teknologi, 7 Usaha ini mungkin Akan Gulung Tikar
creative city di mana semua ekonomi kreatif ada di sana, dan cabang-cabangnya bisa di kota lain," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, usai bertemu dengan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa 3 Maret 2015.


Triawan mengatakan bahwa proses ini tentu akan berlangsung cukup lama. Sebab saat ini bahkan belum ada perencanaan pembangunannya.


"Jadi memang ini enggak bisa cepat-cepat kita membangun kota dan membangun bagian dari kota itu kan membutuhkan waktu, jadi kita juga enggak terburu-buru," katanya.


"Dan Jokowi juga sadar itu tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru, butuh persiapan, pengawalan dari dari uu, pekerjaan umum, dari lintas sektoral dan lintas kementerian."


Rencananya kota kreatif itu akan dibangun di daerah yang dekat dengan pelabuhan. Namun, tak menutup kemungkinan akan dibangun di Bandung. Meskipun saat ini menurutnya bandung belum bisa dikatakan sebagai kota kreatif.


"Saya juga sudah bicara dengan Kang Emil (Ridwan Kamil, Walikota Bandung) dan saya akan lebih akselerasikan kerja sama Bandung dan Badan Ekonomi Kreatif. Nanti saya akan bicara lagi," kata dia.


Menurut Triawan, salah satu contoh kota kreatif adalah Paris. Namun, tentu Indonesia tak dapat bergerak cepat. (ren)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya