Menkumham: Perlu Koordinasi Hukum untuk Cegah 'Smack Down'

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasona Laoly.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar pertemuan dengan sejumlah instansi hukum lainnya, Senin 2 Maret 2015. Pertemuan itu terkait koordinasi untuk membangun sinergitas dalam hal penegakan hukum.

Terlihat sejumlah petinggi kementerian dan lembaga tinggi mendatangi Gedung KPK. Plt Kapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti, Jaksa Agung, HM Prasetyo, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly serta Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno.

"Saya bersilaturahmi dengan pejabat baru, nanti setelah silaturahmi ya (berikan pernyataan)," ujar Tedjo.

Sementara Yasonna mengungkapkan, pertemuan itu merupakan silaturahmi antar institusi yang berkaitan dengan hukum. Menurut dia, koordinasi dilakukan supaya penegakan hukum nantinya dapat dilakukan secara harmonis.

Yasonna menyebut dengan adanya pertemuan itu, diharapkan ketegangan diantara lembaga penegak hukum tidak akan ada lagi.

"Bagaimana kita membangun sinergitas antarpenegak hukum dalam satu sistem hukum yang baik. Tidak seperti kemarin itu, seperti permainan smack down dalam octagon, saling pukul, sekarang ini kita mau sinergikan dengan baik," tutur dia.

Yasonna menambahkan, dalam pertemuan itu, akan dibahas pula bagaimana mekanisme untuk membangun sinergitas itu. "Ya kita akan cari kerangka pijak bersama, saling pengertian, kalau perlu aturan yang MoU bersama kita akan lakuukan," tutur dia. (ren)

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Baca Juga:

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024