Banjir Lumpur Genangi Kabupaten Pesisir Selatan

Banjir bandang. (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adib Ahsani
VIVA.co.id
Jambi Banjir Bandang, Jalur Alternatif Lintas Sumatera Putus
- Hujan deras yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sejak Minggu 1 Maret 2015, mengakibatkan ratusan rumah warga dan fasilitas umum direndam banjir.

Usai Banjir Pangkalpinang, Buaya Berkeliaran di Pemukiman

Pengakuan warga, banjir berupa air lumpur itu datang sangat cepat dan tiba-tiba sudah langsung merendam rumah hingga melumpuhkan Jalur Lintas Barat Sumatera yang menghubungkan ke Provinsi Bengkulu selama tiga jam.

"Hujan memang sudah datang sejak Minggu siang. Namun, kami benar-benar tak menyangka pada Senin dini hari, banjir langsung datang. Saat itu seluruh warga sedang terlelap tidur," ujar salah seorang warga Nagari Salido, Kecamatan Ampek Jurai Pesisir Selatan, Ritsi, Senin 2 Maret 2015.

Kemunculan banjir mendadak tersebut, sontak membuat panik warga di Pesisir Selatan. Sebagian langsung mencari tempat tinggi untuk menyelamatkan diri dan hanya bisa pasrah saat air setinggi satu hingga dua meter merendam rumah mereka.
 
Sejauh ini, belum ada data resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat perihal bencana ini. Namun diprediksi, menimbulkan banyak kerugian.

Ratusan mobil yang hendak melintas ke Sumatera Barat dari Bengkulu dan sebaliknya, hingga kini juga masih terhadang rendaman banjir yang menutupi badan jalan hingga 60 sentimeter. (one)

Wahyudi Agus/Sumatera Barat

Longsor Hambat Distribusi Logistik Korban Banjir di Solok

Baca juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya