Penipuan Arisan Online di Facebook, Korban Kena Tipu Rp20 M

Korban penipuan arisan online
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Ini peringatan bagi pemilik akun Facebook untuk berhati-hati dan tidak mudah menjalin pertemanan dengan pemilik akun lain. Apalagi, yang tidak dikenal.

Karena, berbagai jenis kejahatan bisa terjadi lewat akun Facebook. Modusnya, menawarkan pemilik akun lain menjadi peserta arisan online.

Mereka dijanjikan, menyetor uang Rp1 juta, dengan biaya administrasi 11 persen, dan dalam waktu seminggu menerima Rp1,6 juta.

Namun, pada akhirnya, setelah empat bulan, keuntungan 30 persen tersebut tidak pernah didapat. Bahkan, modal awal yang disetor pun tidak pernah kembali.

Ini dialami puluhan remaja asal Kediri, Jawa Timur. Salah satunya, Galuh Candra. Remaja putri ini menderita kerugian Rp20 juta. Selain itu, sebanyak 115 rekannya, yang mendaftarkan diri.

"Saya ikut empat, masing-masing Rp1 jutaan, dan lainnya yang mendaftar lewat saya, ada 115 akun, nilainya mencapai Rp568 juta. Dan ada 4.246 pemilik akun lainnya yang juga belum cair (menerima keuntungan 30 persen sesuai janji),"  kata Galuh, saat melapor di Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jawa Timur, Sabtu 28 Februari 2015.

"Keseluruhan total nilainya ‎mencapai Rp20 miliar," lanjut gadis itu dikerumuni korban lainnya.

Dia menuturkan, awalnya dia berkenalan dengan pemilik akun Facebook bernama ‎Diane Jordan alias Nurul Hidayah, seorang laki-laki warga Kediri.

Lanjut Galih, pemilik usaha abal-abal tersebut menggunakan nama PT Asia Finance Construction (AFC). Dan, pemilik modal lainnya, disebutkan sekitar 20 orang.

Sampai saat ini, ‎Nurul Hidayah atau sejumlah nama lainnya tidak bisa dihubungi, sehingga kemudian dilaporkan ke Polda Jatim.

Dari kasus ini, diduga masih banyak lagi pemilik akun Facebook yang menjadi korban.

Kenalan Lewat Facebook, Pria Ini Cabuli Remaja di Motor

Baca juga:



Ilustrasi Facebook.

Wanita Ini Gagal Jadi Model di Malaysia Gara-gara Facebook

Dia melihat iklan model tersebut di facebook.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016