Batu Giok 20 Ton Ditemukan, Warga Lokal Siap Gelar Syukuran

Warga temukan batu giok seberat 20 ton.
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id - Masyarakat Hulontalangi, Provinsi Gorontalo, dihebohkan dengan penemuan batu giok berbobot sekitar 20 ton di tengah hutan, Jumat 27 Februari 2015. Mendengar kabar mengejutkan tersebut, warga setempat kemudian berduyun-duyun ke lokasi untuk melihat penemuan batu tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Sabtu 28 Februari 2015, sejak pagi hari ratusan masyarakat mensesaki lokasi penemuan. Padahal, lokasi itu jauh di tengah hutan dan harus mendaki gunung yang jaraknya mencapai satu kilometer dari area pemukiman warga.

Ada yang datang hanya sekedar ingin tahu wujud dari batu giok itu, ada juga warga yang sengaja datang ingin mendapatkan bongkahan batu secara gratis.

Kehebohan itu rupanya juga ikut memantik reaksi Pemerintah Kota Gorontalo. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah setempat mengerahkan TNI dan Polri untuk mengamankan lokasi penemuan.

Menurut Wakil Wali Kota Gorontalo, Charles Budi Doku, pihaknya juga telah menginstruksikan untuk mengambil alih lokasi tersebut agar tak ada konflik antar warga dan para pekerja lebih teratur serta mendapatkan hasil yang maksimal.

Rencananya, kata dia, pemerintah kota bersama masyarakat akan melakukan zikir bersama untuk mensyukuri adanya penemuan batu giok tersebut. Terkait zikir itu, pihaknya akan menggandeng beberapa ulama setempat.

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar



"Kami juga akan meminta ulama setempat untuk mengingatkan warga agar tidak mengistimewakan batu, biar tidak bertentangan dengan agama," ujarnya.

Sementara itu, Rajak Karim, penemu batu giok raksasa itu mengaku tak keberatan dengan rencana yang diatur pemerintah setempat.

Dirinya bersama 40 rekan lainnya menyatakan akan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah agar dirinya dan teman-temannya sesama pekerja lebih dapat teratur soal pembagian penghasilan.

Batu Garut Suvenir PON XIX, Bernama 'Dasi Koboi'

Laporan: Rully Lamusu / tvOne / Gorontalo

![vivamore="Baca Juga :"]

Percaya Batu Akik Pengganda Uang, Puluhan Juta Raib

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya