Berkaus Palu-Arit, Putri Indonesia Diadukan FPI ke Polisi

FPI dan Pemuda Pancasila laporkan Putri Indonesia, Anindya Kusuma Putri.
Sumber :
  • Dwi Royanto

VIVA.co.id - Kaos begambar palu-arit yang dikenakan Puteri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri dan sempat diunggah ke Instagram ternyata berbuntut pajang. Anindya dilaporkan Front Pembela Islam (FPI) dan Pemuda Pancasila Solo Raya, Jawa Tengah, ke Mapolda Jateng, Jumat 27 Februari 2015.

Massa dari Solo itu tiba di halaman Sentra Pelayanan Kepolisan Terpadu (SPKT) Mapolda Jateng sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka langsung diterima petugas sembari disodorkan absensi buku tamu dan buku tanda melaporkan yang tercatat di buku register.

Laporan itu  sebagai bentuk protes karena Putri Indonesia asal Jawa Tengah itu telah dengan bangga mengunggah lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) melalui akun Instagram.

Koordinator FPI Solo Raya, Khoirul RS, menyatakan telah berkonsultasi dengan Polda Jateng terkait baju yang dikenakan Putri Indonesia dengan gambar simbol komunis.

"Dasar kita ke sini yakni aduan masyarakat yang resah, dan sekaligus berkonsultasi mengenai hal tersebut (pemakaian kaos PKI)," kata Khoirul.

Menurut dia, sikap Anindya tersebut telah bertentangan dengan hukum di Indonesia. Warga negara Indonesia dilarang memakai pakaian simbol PKI. Hal itu berdasarkan atas Tap MPRS No.25/1966, bahwa komunis di Indonesia tetap dilarang.

Pihaknya bahkan mengibaratkan larangan pemakaian simbol komunis itu sama dengan larangan seseorang memakai baju berlambang ISIS. Penggunanya harus ditangkap.

"Kami mendesak pelaku ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Walaupun itu diunggah di Vietnam, tapi diunggah melalui media sosial ke Indonesia," katanya.

Setelah mengadukan perkara tersebut ke polisi massa yang datang sekitar 10 orang tersebut, kemudian kembali ke daeranya masing-masing.

Sebelumnya, Satu foto Anindya di akun Instagram yang mengenakan kaos merah berlambang palu-arit serta menggunakan caping serta pacul di pematang sawah itu cukup membuat banyak followernya  menghujat gadis yang merupakan mahasiswi Fakultas Teknik Undip itu. Tak terkecuali sejumlah elemen masyarakat yang turut mencibir sikap Anindya. (ren)

Kata Jenderal TNI soal Putri Indonesia Berbaju Palu Arit
Anindya Kusuma Putri ikut ajang Miss Universe 2015

Anindya Kusuma Wakili Indonesia di Ajang Miss Universe 2015

Acara akan dilakukan di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
25 November 2015