Dijebak, Harimau Jantan Pemangsa Warga Ditangkap

Erni Suyanti Musabine
Sumber :
  • VIVAnews/Harry Siswoyo

VIVA.co.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, berhasil menangkap seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) jantan sepanjang 2 meter, pada Kamis petang, 26 Februari 2015.

Harimau dewasa ini diduga telah memangsa Lisman bin Buri (45 tahun), petani karet asal Desa Talang beringin Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma, Bengkulu, pada Minggu 22 Februari 2015.

Kepala Seksi Wilayah II BKSDA Bengkulu, Darwis Saragih, mengatakan, penangkapan harimau ini dilakukan dengan membuat jebakan. Kerangkeng besi berisi kambing hidup, akhirnya berhasil memancing kedatangan harimau tersebut.

"Penangkapan sebenarnya upaya terakhir. Idealnya diusir saja, tapi sepertinya memang sudah tidak memungkinkan, karena sudah membuat resah warga," ujar Darwis saat dihubungi, Jumat 27 Februari 2015.

Kini, harimau telah dievakuasi petugas ke BKSDA Bengkulu, untuk diamankan. Kucing besar tersebut dalam kondisi cukup baik, kendati masih terlihat stres. (Baca: Populasi Harimau Sumatera Kini Masuki Tahap Kritis)

"Kini, di BKSDA ada dua ekor harimau yang sedang ditangani. Pertama harimau yang sudah ditangkap di Kabupaten Kaur, beberapa bulan lalu. Dan kini ditambah yang dari Seluma," ujar Darwis. (one)

Bermain dengan Harimau, Pria Ini Rasakan Akibatnya

Baca juga:



Bayi Menggemaskan Harimau Benggala Lahir di Medan Zoo
Harimau kurus kering.

Miris, Harimau Ditelantarkan Tinggal Tulang dan Kulit

Harimau ini tidak diberi makan dengan layak.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016