Bakteri dan Jamur Membantu Pembentukan Awan

VIVAnews - Apakah kalian tahu mikroorganisme ? Mikroorganisme adalah makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil yaitu kurang dari 1 mm.

Jenis mikroorganisme bisa berupa bakteri, atau jamur. Dengan ukurannya yang sangat kecil, bakteri dan jamur bisa menempuh perjalanan jauh, bahkan sampai ke awan.

Menurut percobaan yang dilakukan oleh peneliti, bakteri dan jamur yang bergabung bersama debu dan partikel lain di udara dapat membantu pembentukan es inti yang merupakan kerangka dari awan. Es inti, yang terdiri dari air dan es yang ada di atmosfir akan tumbuh dan membentuk awan penghasil hujan.

"Saat ini kami sedang meneliti sebesar apa manfaat bakteri dan jamur dalam pembuatan awan hujan," kata salah satu tim peneliti dari Scripps Institution of Oceanography, Amerika Serikat, Kim Prather.

Untuk mengukur kandungan bakteri dan jamur dalam awan para peneliti menggunakan alat yang dinamakan spektrometer. Dengan alat tersebut dapat diketahui partikel-partikel apa saja yang terkandung dalam awan termasuk bakteri dan jamur. Hasilnya hampir 50 persen awan mengandung debu-debu mineral.

Menurut para peneliti jamur dan bakteri yang ada di alam menyatu bersama debu dan dan membantu pembentukan awan hujan. Jadi, hujan yang selalu kita lihat juga mengandung jamur dan bakteri.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju
VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dari hidupkan kota mati di sarang OPM hingga sejahterakan prajurit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024