Ruki Tentukan Nasib Kasus Budi Gunawan

Plt Pimpinan KPK Taufiequrrachman Ruki dan calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti
Sumber :
  • Setkab.go.id

VIVA.co.id - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiequrachman Ruki, akan membicarakan proses hukum Komjen Pol Budi Gunawan. Sebab, statusnya masih belum jelas, apakah ditangani kepolisian atau PK.

"Saya akan bicarakan dengan Jaksa Agung dan Kapolri bagaimana yang benar menurut hukum," ujar Ruki di Istana Negara, Rabu, 25 Februari 2015.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Ruki menjelaskan, nantinya akan penafsiran sendiri jika kasus itu diserahkan ke lembaga penegak hukum lainnya. "Jika dihentikan oleh KPK pasti ada penafsiran, diserahkan ke kejagung pasti ada penafsiran. Jadi kita akan bicarakan secara teknis," tambah Ruki.

Namun, kata dia, sampai saat ini, KPK belum memutuskan apakah akan dikembalikan ke polri atau tidak. "Saya kan belum memutuskan, kami belum memutuskan dikembalikan ke polri," jelas dia.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Seperti diketahui, gugatan praperadilan Komjen Budi Gunawan diterima oleh Majelis Hakim Pengadilan Negerai Jakarta Selatan. Budi diketahui mempermasalah penetapan status tersangka dugaan gratifikasi oleh KPK. (ren)

Baca juga:

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024