Suara Gemuruh di Gunung Raung Semakin Keras

Puncak Gunung Raung, di Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso.
Sumber :
  • bondowosokab.go.id

VIVA.co.id - Sudah hampir satu pekan suara gemuruh terus menerus terdengar dari kawah letusan Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepala Badan Geologi dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Surono, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan dalam 24 jam terakhir, suara gemuruh terdengar lebih keras dari sebelumnya.

Surono menuturkan, suara gemuruh terdengar dalam skala sedang hingga keras dan bisa didengar dari jarak satu kilometer hingga dua kilometer dari pusat letusan Gunung Raung.

Suara gemuruh yang muncul di pusat letusan Gunung Raung, disebabkan adanya aktivitas tremor harmonik yang terjadi secara berkala.

Secara keseluruhan, aktivitas vulkanik Gunung Raung juga belum menunjukkan tanda-tanda stabil.

Dalam enam jam terakhir, tercatat terjadi 31 kali tremor harmonik dan satu kali gempa vulkanik dangkal di Gunung Raung, Selasa 24 Februari 2015.

Siang ini, cuaca di sekitar Gunung Raung cukup cerah, sehingga petugas di pos pengamatan gunung api Raung dapat melihat puncak sejati Raung dengan jelas.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mempertahankan status Gunung Raung pada status waspada. PVMBG juga mengeluarkan rekomendasi, agar Raung steril dari aktivitas manusia dalam radius tiga kilometer dari kawah letusan Gunung Raung. (asp)

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang



Baca juga:




Ingin Rayakan HUT RI di Puncak Gunung, Waspadai Ini
Gunung Raung

Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas pada radius dua kilometer.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2015