Dubes Dilecehkan Brasil, Jokowi Marah Besar

Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah isu dalam KTT Rusia-ASEAN di Sochi
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo rupanya marah besar karena penolakan nota kepercayaan Duta Besar Indonesia untuk Brazil, Toto Riyanto, kepada Presiden Brasil. Sebab, hal itu dinilai melecehkan bangsa Indonesia.

"Ini adalah masalah martabat bangsa, masalah kedaulatan karena duta besar hadir di sana bukan mengatasnamakan pribadi tapi membawa surat kepercayaan Presiden RI," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, usai dipanggil Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 24 Februari 2015.

Menurut Retno, pemerintah Indonesia tak mengerti kenapa masalah ini bisa terjadi. Sebab, hal seperti ini tak pernah terjadi sebelumnya. "Kita menyampaikan protes keras," ujar dia.

Protes itu, dilakukan dengan langsung memanggil Toto Riyanto yang ada di Brazil secepatnya. Sementara pada hari yang sama, Jumat lalu, Menteri Luar Negeri juga langsung memanggil Duta Besar Brasil yang ada di Jakarta untuk menanyakan sikap presidennya itu.

Tak hanya itu, kata Retno, pemerintah juga menyampaikan nota protes untuk pemerintah Brasil yang dititipkan kepada Duta Besar Brasil.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

Baca juga:

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016