Warga Manado Mulai Resah Harga Beras Melonjak Tinggi

Bongkar Muat Beras di Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kenaikan harga beras di pasaran mulai membuat warga resah. Di Manado, Sulawesi Utara, misalnya, harga kebutuhan pokok tersebut sudah melonjak tinggi sehingga dirasa memberatkan.

"Harganya mulai naik, biasanya Rp9.000 per kilogram untuk beras super win, namun saat ini sekitar Rp9.800 per kilogram. Harga itu berbeda kalau di warung sampai Rp11.000," ujar Nola, warga Tuminting, Selasa, 24 Februari 2015.

Menurut dia, kenaikan harga terjadi sejak minggu lalu. Meskipun tidak sekaligus, dia khawatir pihaknya kenaikan beras akan terus terjadi. Oleh karena itu, pemerintah harus turun tangan jangan sampai nantinya kenaikan yang terjadi tidak bisa dikendalikan.

Senada disampaikan Meity, warga Mapanget tadi pagi baru beli beras di Pasar Bersehati, harganya sudah naik Rp9.700 per kilogram untuk beras jenis super win. Kenaikan tersebut cukup memberatkannya.

"Saya tidak tahu kenapa ada kenaikan, namun ketika saya membeli sudah naik," katanya.

Dia berharap pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga beras. Karena hal itu, memberatkan dirinya sebagai masyarakat kecil.

Terpisah, Refly Sanger pedagang pengumpul beras mengungkapkan saat ini ada kenaikan beras setiap satu karung beras isi 50 kilogram, jika sebelumnya Rp530 ribu, menjadi Rp560 ribu.

"Memang ada kenaikan Rp30.000 per karungnya," bebernya.

Namun dia tidak mengetahui kenapa kenaikan beras terjadi, kemungkinan karena produksi beras di daerah penghasil mengalami penurunan, sedangkan permintaan meningkat.

Dihubungi terpisah, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengungkapkan naiknya harga beras saat ini karena suplainya yang berkurang dari daerah penghasil.  Namun demikian suplai akan kembali normal dalam beberapa waktu kedepan.

"Karena dalam minggu-minggu ini ada panen Gorontalo, namun di petani sedikit kesulitan karena cuaca yang tidak menentu," kata dia. (ren)

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan

Baca juga:


Alasan Mentan Curiga Ada Mafia Beras
Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat panen raya

Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen

Musim hujan yang datang saat kemarau, bisa untungkan produksi beras.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016