Sanksi bagi Lion Air Baru Sekadar Ancaman

lion air bekerja sama dengan airbus
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengancam akan membekukan izin rute baru Lion Air, jika maskapai tersebut tak segera merevisi standar manajemen krisis dan meningkatkan standar pelayanan untuk pelanggan.

Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo, mengatakan, insiden delay atau keterlambatan jam terbang mengakibatkan kekisruhan sejak Rabu, 18 Februari 2015 hingga Jumat 20 Februari 2015.

Diwakili Direktur Air Sevice Lion Air, Daniel Putut Kuncoro Adi, maskapai itu meminta maaf dari hati yang paling dalam, atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang maskapai penerbangan tersebut.

Dia juga mengatakan, Lion Air siap menerima sanksi yang diberikan Kementerian Perhubungan dan akan menaati regulasi yang ada. "Intinya kami minta maaf, dan siap dengan segala sanksi yang nanti diberikan," ujar Daniel, Senin 23 Februari 2015.

Sebagai sanksinya, Dirjen Perhubungan Udara akan membekukan rute baru bagi maskapai swasta terbesar di Indonesia ini, hingga Lion Air bisa meyakinkan bahwa sudah ada perubahan standar manajemen krisis dan peningkatan pelayanan pelanggan.

"Permohonan maaf sudah kami terima, tapi ya tetap ditegur dengan keras, agar tidak terjadi kasus ini lagi, dan tentunya akan tetap diberikan sanksi," kata Suprasetyo, di Ruang Mulawarman, Gedung Karsa Lantai 5 Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Suprasetyo menambahkan, saat ini, tim dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara tengah menginvestigasi terkait kasus yang terjadi. Nantinya, hasil penyelidikan akan diserahkan ke Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan.
 
Sebelumnya, alasan pesawat berlogo singa warna merah ini delay karena ada pesawat yang birds strike (tertabrak burung) di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Sementara itu, dua pesawat lainnya terkena FOD (Foreign Object Damage) atau benda tidak dikenal di runway Bandara Soekarno-Hatta.

Total selama dua hari ada tujuh pesawat Lion Air mengalami masalah yang mengganggu sistem dan jadwal penerbangan maskapai tersebut.

Lion Air Pecat 14 Pilot, Dianggap Pembangkang
Direktur Umum Lion Group Edward Sirait

Lion Publikasikan 14 Nama Pilot yang Dipecat

Mereka dituding telah mencoreng nama perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016