Katanya Canggih, Tapi Ada 8,1 Juta Penduduk Ber-KTP Ganda

ilustrasi KTP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika

VIVA.co.id - Sedikitnya ada 8,1 juta penduduk Indonesia, yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) lebih dari satu. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal segera memberantas identitas ganda tersebut.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Irman, Senin 23 Februari 2015, mengatakan Indonesia harus mencontoh negara Tiongkok yang sudah berhasil mendata penduduk dengan baik dan memberantas identitas ganda.

"Tiongkok sudah menggunakan, kita akan menyempurnakan data ganda. Melalui survei yang kita lakukan, ada 8,1 Juta penduduk yang diketahui menggunakan KTP ganda, dua tempat tinggal, atau bahkan tiga tempat," tuturnya, di Auditorium Bank Indonesia, Jakarta.

Kemendagri, lanjutnya, sedang melengkapi database semua penduduk yang ada di Indonesia. "Kita lengkapkan dengan geometrik. Sehingga, nantinya tidak bisa penduduk terdaftar lebih dari satu tempat," ujarnya.

Irman mengatakan, penduduk harus mengoptimalkan penggunaan e-KTP. Sebab, menurutnya, pencetakan e-KTP saat ini hanya butuh waktu lima menit.

"e-KTP merupakan dasar untuk mendapatkan dokumen lain, dasar untuk mendapatkan pelayanan bagi masyarakat. Ini merupakan tanggung jawab Kmenterian Dalam Negeri, yang harus dilaksanakan dengan baik," ujar Irman. (asp)

Carut Marut e-KTP di Indonesia, Bagaimana Idealnya?



Baca juga:

ilustrasi KTP

Arteria Dukung KTP untuk Anak-anak

KTP merupakan salah satu hak konstitusional warga negara.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2015