Heboh Penyu Raksasa Terdampar di Pantai Nglambor

Penyu raksasa yang terdampar di Pantai Nglambor, Yogyakarta
Sumber :

VIVA.co.id - Sejumlah warga di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, dikejutkan dengan munculnya penyu raksasa di kawasan Pantai Nglambor.

Penyu dengan panjang sekira 80 centimeter dan lebar 40 centimeter tersebut, dalam kondisi terdampar dan sudah tak bernyawa.

Tidak ada satupun warga yang berani mendekat dan mau mengevakuasi bangkai penyu malang tersebut. Hingga akhirnya penyu tersebut kembali terhempas ke tengah laut, pada Kamis 19 Februari 2015.

"Waktu itu saya sedang memandu beberapa wisatawan. Satu diantaranya melihat adanya penyu yang terdampar dan didatangi. Ternyata penyu sudah mati," ujar salah seorang pengelola olahraga Snorkling di Pantai Nglambor, Adhitya, Jumat 20 Februari 2015.

Temuannya itupun langsung dilaporkan ke warga setempat. Namun anehnya warga justru ketakutan. "Warga tidak berani mengambil penyu tersebut takut terjerat hukum,"katanya.

Walhasil, penyu malang tersebut cuma diabadikan di telepon seluler, sebelum akhirnya kembali ditelan ombak ke tengah laut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Gunungkidul Agus Priyanto mengatakan ada lima jenis penyu yang ada di Gunungkidul yakni penyu hijau, sisik, abu-abu, tempayan, dan pipih.

Untuk wilayah Gunungkidul ada enam pantai yang menjadi lokasi pendaratan penyu yakni Pantai Woh Kudu, Kayu Arum, Porok, Ngrumput, Seruni dan Ngitun. Pemerintah sendiri saat ini tengah mempersiapkan konservasi penyu.

"Ada 25 pantai yang berpotensi sedang untuk lokasi pendaratan penyu, dan ada enam pantai yang berpotensi tinggi,"jelasnya.

4 Cara Berburu yang Unik dari Berbagai Suku di Dunia

Baca:



Karena Penyakit Langka, Bocah Ini Jadi Manusia Penyu

Didatangi Penyu Raksasa di Hari Pernikahan

Hewan yang Haram untuk Dimakan oleh 6 Agama di Indonesia
Anjing laut

10 Suara Hewan Terseram di Dunia, Nomoor 1 Bikin Tercengang

Entah sudah atau belum pernah mendengarnya, namun nyatanya suara hewan terseram di dunia ini bikin kita geleng kepala.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022