VIDEO: Jejak Tokoh Tionghoa di Bumi Pertiwi

Sembahyang Imlek Warga Tionghoa
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id -
Peringatan Imlek Terbesar di Indonesia Digelar
Hubungan antara Indonesia dengan Tiongkok sudah terjalin sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai salah satu pusat perdagangan dunia, tak heran jika Tiongkok juga sering singgah ke bumi nusantara ini untuk bergadang.

Terdorong Faktor Global, Bursa Asia Pasifik Melemah

Relasi dagang itu membuat banyak bangsa Tiongkok menetap di Indonesia. Alhasil, keturunan mereka yang kemudian dikenal dengan bangsa Tionghoa menjadi warga negara Indonesia.
Imlek, Google Doodle Bikin Animasi Monyet Kembang Api


Meskipun sempat tidak mendapat kesetaraan dan cenderung dipandang ekslusif, warga Tionghoa sudah mendarah daging di bumi pertiwi. Bahkan tak sedikit yang berjuang demi kedaulatan dan keharuman bangsa.

Mereka antara lain, John Lie, pria kelahiran Manado itu turut berjuang merebut kemerdekaan. Dia ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2009 lalu.


Tokoh selanjutnya adalah Soe Hok Gie. Dia dikenal sebagai aktivif yang idealis pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan awal rezim Orde Baru. Gie kini menjadi salah satu tokoh panutan para mahasiswa aktivis.


Di bidang pemerintahan, sosok Tionghoa yang menonjol sekarang adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. meskipun sering mengeluarkan kebijakan-kebijakan kontroversial, Ahok cukup berani dalam mengambil sikap politik misalnya saat berseberangan dengan partainya, Partai Gerinda beberapa waktu lalu.


Selain Ahok, bisa dilihat kiprah Kwik Kian Gie. Kwik sempat mewarnai kehidupan pemerintahaan saat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian di era Presiden Megawati Soekarnoputri.


Tak hanya itu saja, masih banyak lagi tokoh Tionghoa yang sudah legendaris di bidangnya. Misalnya Robert Budi Hartono, Michel Bambang Hartono, Sudomo Salim alias Liem Sioe Liong di bidang bisnis.


Lalu di bidang seni budaya, terdapat nama-nama legendaris seperti sutradara Teguh Karya, Ateng, Wolly Sutinah alias Mak Wok, dan aktor saat ini, Joe Taslim.


Serta di bidang olahraga, seperti Liem Swie King, Susi Susanti, Alan Budi Kusuma (bulu tangkis), Chris John (tinju) dan lainnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya