Polisi Bersiap Periksa Abraham Samad Jumat Esok

Keterangan Ketua KPK Abraham Samad Usai Jadi Tersangka
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) melakukan sejumlah persiapan untuk memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif, Abraham Samad, Jumat, 20 Februari 2015.

Pantauan VIVA.co.id, Kamis, 19 Februari 2015, ruang pemeriksaan untuk Abraham Samad juga sudah dijaga ketat, nantinya Samad akan diperiksa oleh empat orang penyidik.

Kabid Humas Polda Sulselbar, Komisaris Besar Endi Sutendi, mengatakan, nantinya dalam pemeriksaan perdana ini, ada 40 orang personel dari satuan Sabhara dan Provost yang akan mengamankan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Dalam pemeriksaan nanti, kami hanya memperbolehkan tiga orang pengacara saja untuk mendampingi tersangka AS ini," kata Endi.

Endi menjelaskan, sesuai dengan jadwal, Jumat esok merupakan pemanggilan perdana, jika tidak hadir, maka penyidik akan melayangkan pemanggilan kedua.

Seperti diketahui, Abraham dijerat pasal pemalsuan surat/dokumen kepada instansi sesuai Pasal 93 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2006 telah diubah menjadi UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan dan atau Pasal 263 ayat (2) KUHP dan atau Pasal 264 KUHP.

Polisi sudah memeriksa 23 saksi terkait pemalsuan dokumen Feriyani Lim. Rencananya, Polda Sulselbar akan  memanggil Samad dengan status sebagai tersangka pada 20 Februari 2015. Barang bukti berupa KK, KTP, dan Paspor sudah diamankan. (ren)

Muhammad Noer/Makassar

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Baca juga:

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024