Menteri Anies: Perayaan Imlek Bukti Indonesia Negara Terbuka

Menteri Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, menilai perayaan Imlek menjadi bukti Indonesia merupakan negara yang beragam. Negeri yang menghargai perbedaan.

"Saya melihat Indonesia itu mozaiknya luar biasa, baik dari agama maupun budayanya," ujar dia saat mengunjungi Yayasan Wihara Dharma Bhakti di jalan Petak Sembilan, kawasan Pasar Glodok, Jakarta Barat, Kamis, 19 Februari 2015.

Anies yang menggunakan kemeja dengan corak warna merah ini mengemukakan kalau keberagaman yang dimiliki sudah sejak lama. Namun, terkait perayaan tahun baru Tiongkok baru dirasakan sejak era Presiden Gusdur.

"Perayaan Imlek ini membuktikan Indonesia merupakan negara yang terbuka dan menghormati budaya," kata dia.

Kemudian, Anies menambahkan keberagaman Indonesia ini perlu dijaga, bukan bagi orang yang asli pribumi, namun juga bagi mereka yang keturunan dari negara lain.

"Saya menegaskan kalau Indonesia bukan dari daerah misalnya Anda orang Sunda, maka menjadi orang Indonesia, melainkan lewat gagasan bersama baik itu Jawa, Sunda, peranakan Tionghoa, Arab, dan lainnya, karena kecintaan bukan dari daerah tapi dari pendidikan," jelas Anies. (ren)

Peringatan Imlek Terbesar di Indonesia Digelar

Baca juga:

Penjualan Ritel di China Naik 11,2% Selama Musim Libur Imlek

Ilustrasi festival Cap Go Meh

Ribuan Warga Rayakan Cap Go Meh di Glodok

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dari perayaan Tahun Baru Imlek.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2016