Ini Profil Calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti

Wakapolri Badrodin Haiti Saat Kenaikan Pangkat Budi Waseso
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo akhirnya mengganti calon tunggal Kapolri yang pernah dia usulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat, Komisaris Jenderal Budi Gunawan, karena pencalonannya menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Maka Jokowi hari ini menunjuk Komjen Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri, yang harus disetujui DPR.

Komjen Badrodin Haiti sebelumnya menjabat Wakapolri sejak Februari 2014, menggantikan Komjen Oegroseno yang masuk masa pensiun. Dia diangkat sebagai Wakapolri berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/478/II/2014 tanggal 27 Februari 2014.

Badrodin lahir di Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur 24 Juli 1958. Dia mempunyai seorang istri bernama Tejaningsih Haiti serta dua putra, Farouq Ashadi Haiti dan Fakhri Subhana Haiti.

Badrodin adalah lulusan terbaik Akpol 1982 dan meraih Adhi Makayasa. Kariernya berawal sebagai Danton Sabhara Dit Samapta Polda Metro Jaya pada tahun 1982 dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda).

Setahun kemudian, Badrodin ditugaskan menjadi Kasubro Ops Polres Metro Depok Polda Metro Jaya. Pada tahun yang sama, Badrodin dipindah tugaskan lagi dan menjabat sebagai Kapolsek Pancoran Mas Polres Metro Depok Polda Metro Jaya.

Karier di kepolisian terus menanjak. Seiring pangkatnya yang juga meningkat. Badrodin juga pernah menduduki jabatan strategis di daerah seperti, Kapolda Banten (2004), Kapolda Sulawesi Tengah (2006) dan Kapolda Sumatera Utara (2009-2010).

Kemudian, setelah menjabat Kapolda Jawa Timur sejak 2010 hingga 2011, Badrodin ditarik ke Mabes Polri dan menjabat Koorsahli Kapolri. Jabatan terakhirnya sebelum menjabat Wakapolri yakni, Kabaharkam Mabes Polri sejak 2 Agustus 2013.

Di saat terjadi polemik calon Kapolri Komjen Budi Gunawan yang ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK, Presiden Jokowi menunda pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Presiden kemudian mengangkat Wakapolri Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri. (ren)

Baca juga:

Kapolri Pimpin Kenaikan Pangkat 11 Pati Polri, Ada Kapolda Gorontalo Irjen Pudji

Polri Petakan Jalur Rawan Kecelakaan Saat Mudik, Terutama di TransJawa
Jenderal Hoegeng

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia

Pernahkah dengar kiasan, polisi jujur hanya ada tiga. Yakni polisi tidur, patung polisi, dan Jenderal Hoegeng. Mengapa Jenderal Hoegeng? Siapa dia? Ini kisah perjalananya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024