Menteri yang Paling Populer Bulan Ini di Media Sosial

Pelantikan 34 menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo.
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA.co.id - Tingkat popularitas menteri kabinet Presiden Joko Widodo bisa juga dilihat berdasarkan banyak sedikitnya menjadi pembicaraan di media sosial.

WTO Puji Reformasi Ekonomi Indonesia

Berdasarkan pemantauan platform media monitoring Evello pada  periode 7 hingga 13 Februari 2015, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar menempati posisi teratas di sebagai menteri paling populer di Twitter, dibandingkan 33 menteri Kabinet Kerja pemerintah Presiden Jokowi.

“Popularitas Marwan Jafar melewati Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang biasanya menjadi berada di posisi pertama. Ini peningkatan yang sangat signifikan dibanding periode sama bulan Januari, di mana Marwan Jafar berada di peringkat 16,” ujar Dudy Rudianto, CEO Evello dalam keterangan persnya yang diterima VIVA.co.id.

Dipaparkan Dudy, total mention twitter Menteri Marwan sebanyak 3.843. Disusul Susi sebanyak 2.962 dan Saleh Husin, Menteri Perindustrian di posisi ketiga sebanyak 1.270.

“Pada periode 7 – 13 Februari 2015, berdasarkan pantauan Evello, isu tentang desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi mendapat sorotan luas di publik, sehingga menjadi pendorong pembicaraan tentang Marwan Jafar,” ujar Dudy.

Hasil pemantauan Evello selama tiga pekan terakhir, kata Dudy, terjadi persaingan antara Menteri Marwan dengan Menteri Susi. Pada minggu keempat Januari, Menteri Marwan di peringkat teratas. Namun, pada minggu pertama Februari, Menteri Susi berada teratas dan Menteri Marwan posisi ke delapan.

“Pembicaraan tentang pembangunan desa, dana desa, serta infrastruktur menjadi sentimen positif yang mengangkat popularitas Marwan Jafar,” ujar Dudy.

Sedangkan untuk pantau pemberitaan media online, Menteri Susi masih berada di posisi teratas. Posisi kedua ditempati Menteri Saleh Husin dan ketiga Marwan Jafar.

“Menteri Susi marak dengan pemberitaan soal pembakaran kapal asing, sedangkan Menteri Saleh soal Mobnas Proton,” ujar Dudy. (asp)

Jokowi Minta Kemudahan Berusaha Naik, Ini Langkah BKPM

Baca juga:

Jokowi Ingin Kemudahan Berusaha RI Naik ke Peringkat 40

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya