Polri Terus Usut Kasus Semua Pimpinan KPK

Bambang Widjojanto Bertolak Ke Bareskrim Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Tim penyidik Badan Reserse Kriminal Mabes Polri masih mendalami kasus yang menimpa dua Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Adnan Pandu Praja dan Zulkarnaen.

Jokowi Naksir Johan Budi Sejak Lama

Dua komisioner KPK itu dilaporkan ke Bareskrim Polri dengan kasus berbeda. Zulkarnaen diduga telah menerima dana Rp5 miliar dari seorang petinggi Jawa Timur terkait dengan kasus Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) yang ditangani Zulkarnaen saat menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur 2008 silam.

Sedangkan Adnan Pandu dilaporkan terkait kasus terkait dugaan tindak kriminal atas tuduhan pemalsuan surat notaris dan penghilangan saham PT Desy Timber, perusahaan yang beroperasi di Berau, Kalimantan Timur.

"Proses penyidikan masih terus berjalan. Jadi para penyidik masih perlu melengkapi keterangan saksi lainnya," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Rikwanto, di kantornya, Selasa 17 Februari 2015.

Namun, Rikwanto tidak menjelaskan secara detail kelengkapan berkas perkaranya. "Saya tidak sebutkan berapa persennya. Mudah-mudaham kasus ini segera selesai diperiksa," kata Rikwanto.

Hari ini, Polda Sulselbar telah resmi menetapkan Ketua KPK Abraham Samad sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan dokumen di Makassar.

Sebelumnya Samad jadi tersangka, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto terlebih dulu menjadi tersangka. Bareskrim Polri menjerat Bambang dengan kasus pemalsuan keterangan dalam sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi 2010.

Kata Rikwanto, tim penyidik Bareksirm masih terus melengkapi berkas Bambang Widjojanto. "Berkas Pak BW mendekati penyempurnaan, kemudian kalau sudah selesai langsung dibuat berkas perkara," kata dia. (ren)

Baca juga:

KPK-Polri, Kabareskrim: 'Sesama Bus Kota Tidak Mendahului'


Pimpinan KPK Kunjungi Mabes Polri, Mau Eratkan Kerjasama
Gedung KPK di Jakarta

Perwira Menengah Polda se-Indonesia Datangi KPK

Mereka dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016