Taklukan Gunung Slamet, 3 Mahasiswa UPN Veteran Yogya Hilang

Pendaki gunung.
Sumber :
  • http://4.bp.blogspot.com

VIVA.co.id - Tiga mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta, dinyatakan hilang di Gunung Slamet, Jawa Tengah. Ketiganya hilang saat mencoba menaklukan puncak gunung berketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari tim Search and Rescue (SAR) Purbalingga, ketiga mahasiswa yang hilang itu diketahui bernama Airlangga Virgianto, Ronaldo Dicky dan Zanuar. Mereka diketahui merupakan mahasiswa dari Fakultas Teknik Geologi, semester delapan.

"Tiga mahasiswa ini kami nyatakan hilang setelah seorang rekan mahasiswa menerima pesan singkat dari salah satu mahasiswa yang hilang ini. Dalam pesan singkat itu, salah seorang mahasiswa mengatakan memerlukan pertolongan, sebab ia mengaku salah jalur ketika hendak turun dari puncak. Tetapi, sebelum pesan itu dibalas, alat komunikasi tiga mahasiswa itu tak lagi bisa dihubungi," ujar Komandan Tim SAR Purbalingga, Arif Wahyudi, Sabtu malam 14 Februari 2015.

Menurut keterangan Tim SAR, ketiganya mulai melakukan pendakian akhir pekan lalu dan tidak melaporkan kegiatannya ke pos penjagaan Gunung Slamet, di jalur Desa Bambangan, Purbalingga, Jawa Tengah. Alhasil, kegiatan mereka pun tidak mengantongi izin. Sementara saat ini jalur pendakian Gunung Slamet masih ditutup terkait status Waspada yang disandangnya.

Karena tidak berizin, ketiganya diduga tidak melalui jalur yang seharusnya dilalui oleh para pendaki yang hendak ke puncak Gunung Slamet, hingga akhirnya mereka tersesat.

"Kami telah menerjunkan puluhan anggota SAR gabungan dari Yogyakarta, Cilacap, Purbalingga dan Banyumas ke lokasi yang diduga sebagai tempat hilangnya tiga mahasiswa itu. Namun, hingga kini pencarian masih mengalami kesulitan akibat cuaca buruk yang melanda kawasan Gunung Slamet," ujar Arif Wahyudi.

Laporan: Sonik Jatmiko/tvOne/Purbalingga

Baca juga:

BNPB: Sulit Padamkan Kebakaran di Gunung Slamet dan Lawu

Gunung Slamet

Gunung Slamet Mulai Ramai Didatangi Pendaki Luar Kota

Pendaki sudah rindu akan suasana Gunung slamet yang telah lama ditutup

img_title
VIVA.co.id
28 September 2015