Festival Melupakan Mantan, dari Jam hingga Skripsi

Festival mantan
Sumber :
  • dok pribadi
VIVA.co.id -
Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
Barang-barang mulai dari boneka, surat, sandal, kaus, jam, hingga skripsi menjadi barang yang disumbangkan pengunjung dalam Festival Melupakan Mantan. Festival itu digelar Jumat malam 13 Februari 2015 di Pojok Beteng Wetan, Yogyakarta.

Lagi, Calon Penumpang Pesawat Ngaku Bawa Bom

Acara yang digagas Komunitas Manggal Karya Ambuka ini mendapat sambutan yang luar biasa. Ratusan pengunjung yang kebanyakan anak muda memenuhi lokasi acara sejak pukul 18.30 WIB hingga tengah malam.
Yogya Bakal Punya Stasiun Kereta Api Bertaraf Internasional


Sejumlah komunitas band Yogya juga tampil membawakan lagu-lagu lawas dan mengajak pengunjung ikut bernyanyi. Pengunjung tampak larut dalam irama lagu yang dibawakan grup band yang malam itu tampil interaktif.


Setyo Prayogi, koordinator acara, mengatakan bahwa kegiatan tersebut berbeda dengan acara lainya. Acara #FestivalMelupakanMantan ini mengharuskan pengunjung cukup membawa barang kenangan mantan.


“Kenangan mantan bagi seseorang bisa menjadi energi negatif yang musti dibuang jauh agar bisa menatap masa depan lebih optimistis dan penuh harapan,” kata Setyo.


Barang-barang yang mungkin sudah tidak terpakai dan penuh kenangan menyakitkan itu nantinya bakal disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.


"Bagi masyarakat Jawa ada konsep budaya ‘Larungan’, yakni membuang energi negatif yang disimbolkan lewat benda berenergi negatif," ujarnya.


Ini dilakukan untuk membuang segala energi negatif dalam diri seseorang. Tentu dengan maksud agar tumbuh energi postif. Energi ini yang diharapkan ke depannya hidup yang dijalani bakal lebih baik.


Rasti, warga Yogya, sengaja datang ke acara tersebut dengan membawa sejumlah barang yang pernah diberikan sang mantan.


"Ya, daripada teringat terus dan tidak terpakai, lebih baik disumbangkan dan tentunya akan lebih berguna," kata dia yang datang bersama teman-temannya. (art)


BACA JUGA:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya