Bos Baso Babi di Bandung Jadi Tersangka

Baso dan daging celeng di Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/2/2015)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id - Menjalani pemeriksaan intensif Poltabes Bandung, Jawa Barat, akhirnya bos pemilik industri baso daging babi atau celeng resmi ditetapkan jadi tersangka. Usaha jajanan harian yang telah beroperasi 17 tahun ini dituduh telah sengaja menggunakan bahan baku yang tak layak konsumsi.

"Pemilik usaha, ibu rumah tangga berinisial T telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara sang suami berinisial B masih diperiksa. Mereka menggunakan bahan baku baso dengan daging tak layak konsumsi," ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Angesta Romano Yoyol, Jumat 13 Februari 2015.

Pengakuan tersangka, untuk mensiasati agar aroma daging Babi tak tercium. Ia juga mencampur daging tersebut dengan lumuran darah sapi segar. Termasuk menggunakan unsur Natrium Pirobat untuk pengawet kayu ke dalam baso yang diproduksinya.

Masih pengakuan T, daging tersebut ia dapatkan dari seseorang di Bekasi. Umumnya dikirim seberat 1 kuintal. Selanjutnya baru diolah dan dicampur dengan daging Sapi.

"Motif korban karena biaya daging babi jauh lebih murah ketimbang sapi. Babi cuma Rp37 ribu per kilo, sementara sapi mencapai Rp90 ribu per kilogramnya. Sebab itu ia memilih daging babi," kata Angesta.

Akibat perbuatannya, tersangka T akan dijerat dengan Pasal 136 huruf A dan B Undang Undang No 18 Tahun 2012. Saat ini polisi sudah menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, daging babi seberat 140 kilogram, daging sapi 40 kilogram dan baso oplosan yang sudah diolah sebanyak 40 kilogram. (ren)

Jhon Hendra/Jawa Barat

Ini Fakta tentang Penyakit Misterius di Papua
Wanita berhijab pegang babi.

Cerita di Balik Wanita Berhijab Ini Pegang Babi

Bagi umat islam, babi adalah binatang yang diharamkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2015