Duo Bali Nine Belum Punya Permintaan Khusus

Terpidana mati Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Kejaksaan Tinggi Bali telah menyetujui pemindahan dua anggota Bali Nine, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan dari Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar. Keduanya diduga akan dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Sesuai dengan imbauan, eksekusi tidak dilakukan di Bali. Masih dilakukan, pendekatan kepada tempat-tempat di luar Bali," kata Kepala Lapas Kelas IIA Denpasar, Kerobokan, Sudjonggo, Jumat 13 Febuari 2015.

Meski akan dieksekusi mati dalam waktu dekat ini, tidak ada permintaan khusus dari dua anggota Bali Nine itu. Namun, Lapas Kerobokan memberi kebebasan bagi keluarga untuk menjenguk keduanya.

"Sampai saat ini tidak ada permintaan khusus. Kecuali, diberikan keleluasan sedikit untuk keluarga mengunjungi keduanya," katanya.

Menurut Sudjonggo, sejak grasi keduanya ditolak Presiden Joko Widodo, kunjungan keluarga memang rutin dilakukan.

Berkaitan dengan eksekusi mati ini, ibunda Myuran Sukumaran dan Andrew Chan mengirimkan surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Dalam surat tersebut, Raji dan Helen memohon ampun atas perbuatan kedua anak mereka serta berharap Pemerintah Indonesia meninjau kembali keputusan untuk menghindarkan eksekusi mati. 

Meski belum mendapat tanggapan, keduanya tidak patah arang. Mereka terus menggalang dukungan dan melobi ke berbagai pihak, salah satunya ke Komisi Nasional Perlindungan HAM. Raji dan Helen berharap kedua putra mereka tidak jadi dieksekusi mati dalam bulan ini.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

Baca juga:

1.

Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar

2.

3.

5 Fakta Guillotine, Pisau Raksasa untuk Eksekusi Mati
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016