Diteror, KPK Lapor ke Presiden Jokowi

Bambang Widjojanto Temui Ketua Peradi otto Hasibuan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan koordinasi dengan Wakapolri, Komisaris Jenderal Badrodin Haiti terkait ancaman terhadap sejumlah pegawai lembaga anti rasuah itu. Bahkan, KPK juga telah melaporkan hal tersebut pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto mengungkapkan bahwa Presiden dan juga Wakapolri telah memberikan jaminan keamanan bagi KPK.

"Kami juga sudah menyampaikan hal ini kepada Presiden Jokowi, kemarin kami sudah sampaikan ada ancaman serius kepada KPK. Beliau juga menerima informasi tersebut dan berjanji akan mengambil langkah-langkah yang lebih tegas untuk meminimalisasi ancaman atau potensi ancaman yang akan datang," kata Bambang di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 11 Februari 2015.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Bambang mengungkapkan, tindakan yang di luar aturan dan bersifat teror tidak bisa dibenarkan sama sekali. Dia menyebut bahwa tindakan teror yang dialami, dapat mengganggu upaya kinerja KPK untuk berjalan secara optimal.

Ia juga menegaskan, meski mendapat ancaman, jajarannya akan tetap bekerja sebagaimana mestinya. Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah untuk segera mengambil langkah tegas terkait adanya ancaman ini.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

"Kami minta kepada kekuasaan, kepada lembaga resmi untuk segera mengambil tindakan-tindakan yang memang perlu, patut dan wajib dilakukan untuk melindungi lembaga penegakan hukumnya, aparat penegak hukumnya dan sistem penegakan hukum ini agar bisa berjalaan dengan optimal," ujarnya. 

"Saya meyakini, kalau ada tindakan-tindakan cepat, jelas dan tegas, mudah-mudahan semua masalah ini dapat diatasi dan ditangani," ungkapnya.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024