Ini Jadwal Penyelenggaraan Haji Indonesia 2015

Bus Pengangkut Jamaah Haji dari Jeddah ke Madinah (2)
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum

VIVA.co.id - Kementerian Agama telah membentuk panitia kerja pembahasan biaya penyelenggaraan ibdah haji 2015. Setelah dibahas dengan DPR, besaran biaya haji nantinya akan diajukan ke Presiden Jokowi. Dari pendataan awal, jumlah jamaah haji tahun ini mencapai 168.800 orang.

Jika data ini sudah disetujui, maka prosesnya akan segera dilaksanakan. Kementerian Agama sudah mendatangi Arab Saudi terkait jumlah jamaah haji yang akan diberangkatkan itu.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki

Adapun jadwal penyelenggaraan haji tahun 2015, seperti yang dilansir Kementerian Agama, yaitu 20 Agustus 2015. Pada tanggal itu diharapkan calon jamaah haji sudah masuk asrama. Satu hari setelahnya, jamaah haji kloter pertama diperkirakan sudah berangkat ke Madinah.

Kemudian pada 30 Agustus, jamaah haji gelombang satu sudah tiba di Mekkah. Bila jadwal lancar, pada 28 September jamaah haji gelombang pertama sudah kembali ke Tanah Air.

Sedangkan tanggal 4 September 2015, jamaah haji gelombang II diberangkatkan dari tanah air ke Jeddah. Jamaah haji gelombang kedua terakhir diberangkatkan dari tanah air ke Jeddah pada 17 September.

Pada tanggal 17 September 2015 jadwal closing date KAIA Jeddah pada pukul 24.00 WAS, sedangkan 21 September ialah hari Tarwiyah.

Pada tanggal 22 September merupakan jadwal wukuf di Arafah. Sedangkan pemulangan gelombang dua diperkirakan pada 25 Oktober 2015.



Siti Indah Lucanti/Jakarta

Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Tiba di Madinah
Jemaah haji dari Embarkasi Surabaya

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

Dua calon haji asal Pamekasan harus menunggu putusan pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016