Empat Cara Kemenag Mereformasi Penyelenggaraan Umrah

Dewi Perssik umrah
Sumber :
  • Dok.Pribadi

VIVA.co.id - Kementerian Agama akan melakukan program percepatan pengembalian reputasi penyelenggaraan umrah. Ini dilakukan dengan sistematis dan berkelanjutan untuk mereformasi penyelenggaran ibadah umrah.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki

Ada beberapa upaya yang dilakukan dalam aksi nyata reformasi penyelenggaran ibadah umrah. Seperti upaya penegakkan hukum, penandatanganan fakta integritas, gerakan 1.000 stiker dan pembentukan panitia khusus.

Penegakan hukum pasca penelantaran jamaah umrah sedikitnya 659 orang pada Januari 2015, dilakukan Kementerian Agama dengan menginvestigasi. Guna memberikan efek jera akan diberikan sanksi pada penyelenggara yang berizin dan melanggar peraturan perundang-undangan, serta menyampaikan pengaduan kepada Bareskrim Polri.

"Untuk diperoses secara hukum bagi penyelenggaraan umrah yang tidak berizin dari Kementerian Agama RI," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah H Abdul Djamil, Rabu 11 Februari 2015.

Sedangkan terkait provider perwakilan visa umrah di Indonesia, Kementerian Agama telah melakukan analisa dan menduga bahwa akar permasalahan yang terjadi adalah aspek proses perolehan visa umrah. Sementara gerakan 1.000 stiker menjadi upaya yang dilakukan oleh Kementerian Agama guna pengembalikan reputasi penyelenggaraan umrah.

"Nanti akan dipasang stiker digital printing pada kendaraan dinas milik kementerian agama sampai tingkat provinsi, kabupaten, kota dan kecamatan," ujarnya.

Kemudian akan dibentuk panitia khusus untuk mendata, menganalisa, menginvestigasi dan jika dibutuhkan akan melakukan penegakan hukum apabila diduga biro perjalanan wisata (BPW) melakukan penyelenggaraan umrah tanpa izin.

Panitia khusus ini bersifat independen dengan melibatkan unsur Polri, Kementerian Pariwisata dan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama. "Panitia khusus ini independen. Pelaksanaannya direncanakan akan dibentuk pada Mei 2015," katanya lagi.

Siti Indah Lucanti/Jakarta

Jemaah haji dari Embarkasi Surabaya

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

Dua calon haji asal Pamekasan harus menunggu putusan pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016