Indonesia Rawan Bencana, Tapi Minim Anggaran

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban longsor Banjarnegara, 14 Desember.
Sumber :
  • VIVAnews/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Indonesia telah ditetapkan sebagai negara rawan bencana. Namun, anggaran untuk kebencanaan tak proporsional.

Ulah Anak Anjing Ini Bikin Rumah Terbakar

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, selama ini pemerintah menyediakan dana siap pakai untuk kebencanaan hanya senilai Rp3 triliun.

Menurut dia, jumlah itu sangat tidak memungkinkan. Mengingat bencana sering terjadi di Indonesia.

Ini Nomor Hotline Posko Gempa di Taiwan

"Pendanaan kita tentang bencana sangat minim, walaupun ada dana lain selain dana Rp3 triliun seperti dana on call dari BNPB sekitar 2,5triliyun tidak cukup untuk menanggulangi bencana di Indonesia," ujar Sutopo dalam acara diskusi "Membangun Ketahanan Bencana di Berbagai Level" diĀ  Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Februari 2015.

Ia menganalogikan, jika setiap daerah membutuhkan dana setidaknya Rp500 miliar untuk penanggulangan bencana. Tentu alokasi yang disediakan saat ini sangat tidak memungkinkan.

Tornado di Texas Tewaskan 26 Orang

Sebelumnya, BNPB merilis data estimasi jumlah orang terdampak terhadap bencana, khususnya bencana banjir dan longsor yang kerap melanda di awal tahun. Setidaknya 184 juta penduduk Indonesia terdampak bencana tersebut.

Bayu Januar/Jakarta

Kepala BNPB Willem Rampangilei

Indonesia-AS Tingkatkan Kerja Sama Tanggulangi Bencana

Kedua lembaga juga memiliki peran yang sama.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016