Belasan Anggota DPRD Jatim Berebut Jadi Bupati

Pilkada Makassar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang
VIVA.co.id
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
- Pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) serentak tahun 2015 di 16 kabupaten/kota di Jawa Timur ditangkap sebagai peluang untuk adu nasib oleh para politikus di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Sedikitnya 17 anggota dari total 100 legislator DPRD Jatim sudah berancang-ancang untuk maju dalam pemilukada itu. Para wakil rakyat yang santer terdengar maju, di antaranya, Miftahul Ulum, Wakil Komisi A DPRD Jatim.
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


Ulum mengaku berniat maju dalam Pemilukada Kabupaten Jember karena dukungan dari sejumlah kalangan. Hasil Musyawarah PKB Kabupaten Jember telah merekomendasikan empat kandidat, salah satunya adalah namanya. Rekomendasi itu sudah diterima ke Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jatim dan kemudian dibahas ke Dewan Pimpinan Pusat PKB di Jakarta.

"Insya Allah, saya siap kalau nama saya yang diputuskan oleh DPP," kata Ulum, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember di Surabaya, Rabu, 11 Februari 2015.

Di Pemilukada Kabupaten Jember, Ulum bakal berhadapan dengan anggota DPRD Jatim lain dari Fraksi Partai Nasdem-Hanura, yaitu Mochammad Eksan. Peluang Eksan meraih tiket maju Pemilukada Kabupaten Jember cukup besar. Sebab Ketua Partai Nasdem Jember itu selalu berada di urutan teratas dalam survei partai.

Pemilukada Kabupaten Jember bakal menjadi ajang pertarungan anggota parlemen Jatim. Selain Ulum dan Eksan, Karimullah dari Fraksi Partai Golkar juga dikabarkan berniat maju. Demikian pula anggota Fraksi Gerindra, Muhammad Fawaid.

Di Kabupaten Ponorogo, ada Suli Daim dari Fraksi PAN. Politikus senior PAN itu dikabarkan maju dalam Pemilukada Kabupaten Ponorogo. Sedangkan kolega Suli di Fraksi PAN, Zainul Luthfi, digadang-gadang maju di Pemilukada Kabupaten Sidoarjo. Sugiri Sancoko dari Fraksi Partai Demokrat juga disebut bakal maju merebut kursi kepala daerah Ponorogo, yang merupakan kampung halamannya. Yusuf Rohana dari Fraksi PKS bakal direkomendasikan maju di Pemilukada Kabupaten Mojokerto.


Di Lamongan, Suhandoyo dari Fraksi PDIP santer dikabarkan maju. Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu bakal bersaing dengan Makin Abbas dari Fraksi PKB. Selain Makin Abbas, Kartika Hidayati dari Fraksi PKB juga disebut masih punya kans untuk maju dalam Pemilukada Kabupaten Lamongan. Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim, Baddrut Tamam, dijagokan maju dalam Pemilukada Kabupaten Sumenep atau Pamekasan.


Tim penjaringan


Untuk memenangi pemilukada serentak di 16 kabupaten/kota di Jatim akhir tahun 2015, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan meluncurkan tim penjaringan dan pemenangan yang dibentuk Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jatim. Rencananya, tim itu akan diluncurkan awal Maret 2015.


Ketua DPW PKS Jatim, Hamy Wahjunianto, mengatakan tim itu akan menjalin komunikasi dengan parpol pendukung atau pengusung calon kepala daerah. Tim itu akan menjajaki komunikasi dengan parpol setempat. "Ketua tim, Irwan Setiawan, yang akan menjalin komunikasi," terang pria yang juga anggota DPRD Jatim itu.


Hammy mengatakan, tim itu setelah diluncurkan akan menggelar program percontohan dan simulasi untuk persiapan pemilukada di daerah untuk mengusung kader PKS. "Ada beberapa kabupaten yang akan coba dimunculkan kader PKS untuk diusung sendiri," ujarnya.


Dalam pemilukada di beberapa daerah di Jatim, kata Hammy, PKS masih terikat dengan Koalisi Merah Putih seperti di DPR RI.


"Kalau berdasarkan koalisi KMP, daerah Situbondo dipastikan seluruh parpol KMP mengusung Ketua Golkar maju Pemilukada Kabupaten Situbondo," ujarnya.


Berikut ini daftar legislator DPRD Jawa Timur yang akan mencalonkan diri dalam pemilukada kabupaten/kota di Jawa Timur:

Pemilukada Kabupaten Jember


1. Miftahul Ulum (Fraksi PKB)

2. Mochammad Eksan (Fraksi Nasdem-Hanura)

3. Karimullah (Fraksi Partai Golkar)

4. Muhammad Fawaid (Fraksi Partai Gerindra)


Pemilukada Kabupaten Ponorogo


5. Suli Saim (Fraksi PAN)

6. Sugiri Sancoko (Fraksi Partai Demokrat)


Pemilukada Kabupaten Sidoarjo


7. Zainul Luthfi (Fraksi PAN)


Pemilukada Kabupaten Mojokerto


8. Yusuf Rohana (Fraksi PKS)

9. Gatot Supriyadi (Fraksi PDIP)


Pemilukada Kabupaten Lamongan


10. Suhandoyo (Fraksi PDIP)

11. Makin Abbas (Fraksi PKB)

12. Kartika Hidayati (Fraksi PKB)


Pemilukada Kabupaten Sumenep/Pamekasan


13. Baddrut Tamam (Fraksi PKB)


Pemilukada Kabupaten Malang


14. Gunawan (Fraksi PDIP)


Pemilukada Kabupaten Pasuruan


15. Edi Paripurna (Fraksi PDIP)


Pemilukada Kabupaten Banyuwangi


16. Agung Mulyono (Fraksi Partai Demokrat)


Pemilukada Kabupaten Blitar


17. Tjutjuk Sunaryo (Fraksi Partai Gerindra)



Baca berita lain:





(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya